sign up SIGN UP search


parenting

10 Obat Rumahan untuk Atasi Anak Muntah dan Diare

Annisa Karnesyia Jumat, 13 Nov 2020 10:40 WIB
Obat Rumahan untuk Atasi Anak Muntah dan Diare
Healthy chamomile tea poured into white cup. Teapot and spoon, glass jar of daisy medicinal herbs. caption

6. Teh chamomile

Daun chamomile dapat mengatasi kejang usus penyebab muntah dan membuat kondisi anak tenang. Beberapa penelitian menunjukkan, bahan kimia aktif dalam chamomile memiliki efek yang sama pada otak seperti obat penenang ringan tapi tanpa efek samping.

Penyajiannya dengan menyeduh teh chamomile selama lima menit. Kemudian dinginkan teh hingga bersuhu kamar. Masukkan sekitar 30 sampai 60 ml ke dalam botol anak jika masih menyusu.

Pada bayi berusia 6 bulan, penggunaan tanaman ini mungkin membuat mereka sensitif. Umumnya gejala yang muncul adalah ruam. Jika Bunda melihat ruam pada anak, hentikan memberi bayi teh chamomile.


7. Teh mint

Daun mint segar sangat efektif mengatasi muntah karena diare. Daun mint bisa langsung dimakan jika anak tidak menolak.

Selain itu, Bunda bisa sajikan bersama lemon dan madu. Cukup haluskan daun mint dan ambil satu sendok makan untuk ditambahkan ke air lemon.

Tambahkan sedikit madu ke dalam campuran untuk meningkatkan cita rasanya.

8. Kayu manis

Kayu manis digunakan untuk mengobati masalah perut. Salah satunya mengurangi rasa sakit karena diare.

Kayu manis mengandung minyak yang dapat memecah lemak di dalam saluran usus. Minyak ini juga bertindak sebagai stimulan yang memicu pergerakan di dalam saluran pencernaan.

Selain itu, kayu manis bersifat antibakteri dan antivirus, yang menjadikannya obat alternatif ideal untuk diare.

9. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang efektif mengatasi masalah pencernaan anak. Kandungan di dalamnya mampu melapisi usus dan memberikan perlindungan dari bakteri jahat.

Yogurt juga bisa membantu memproduksi asam laktat di usus, yang bisa membunuh bakteri. Cara ini ampuh membuat masalah saluran cerna menjadi lebih baik.

10. Kentang rebus

Saat diare, anak tak hanya kehilangan cairan dari tubuhnya, tapi juga nutrisi penting lainnya. Kondisi ini menyebabkan nafsu makan mereka berkurang.

Kentang rebus mudah dicerna dan bisa membantu mengeraskan kotoran dan melawan gejala diare. Penyajiannya cukup mudah, yakni satu atau dua kentang direbus dengan kulitnya.

Setelah matang, kupas kulit dan haluskan. Tambahkan beberapa tetes air dan garam secukupnya. Berikan pada anak sebanyak yang dia bisa makan tanpa dipaksakan.

(ank/rap)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!