sign up SIGN UP search

parenting

Ini Penyebab Anak Rentan Kena Diare dan Cara Mencegahnya

Yuni Ayu Amida Jumat, 15 Nov 2019 16:02 WIB
Berikut ini cara untuk mencegah anak agar tak kena diare. Bunda simak ya. caption
Jakarta - Tidak bisa dipungkiri, anak-anak sangat rentan terkena diare, Bunda. Penyebabnya pun beragam bisa karena makanan yang tidak higienis, atau bahkan karena kuman yang ada di tangan mereka sendiri.

Dijelaskan dr.Marsha H. Kay, MD, seorang gastroenterolog pediatrik dan kepala endoskopi pediatrik di Cleveland Clinic Children's Hospital di Cleveland, Ohio, diare dapat menyerang anak-anak dari segala usia, tetapi lebih sering dan bermasalah pada anak-anak kecil dan bayi. Penyebab diare yang paling sering adalah infeksi oleh parasit, bakteri, atau virus, terutama rotavirus.

"Pada anak-anak usia prasekolah dan lebih muda, itu biasanya merupakan tanda infeksi," kata Kay, dikutip dari Everyday Health.


Ditambahkan Kay, alasan anak-anak mudah terserang diare karena tubuh mereka belum memiliki cukup kekebalan untuk melawan virus. Selain itu sistem pencernaan mereka pun masih sensitif.

Ini Penyebab Anak Rentan Kena Diare dan Cara MencegahnyaIni Penyebab Anak Rentan Kena Diare dan Cara Mencegahnya /Foto: iStock


Pepatah mengatakan, lebih baik mencegah daripada mengobati. Meskipun sulit mencegah anak-anak terkena diare, tetapi ada beberapa cara yang bisa mengurangi kemungkinannya. Berikut seperti dilansir Kids Health:

1. Pastikan anak-anak sering mencuci tangan dengan baik, terutama setelah menggunakan toilet dan sebelum makan. Mencuci tangan adalah cara terbaik untuk mencegah infeksi diare yang menular dari orang ke orang. Tangan yang kotor membawa kuman ke dalam tubuh ketika anak-anak menggigit kuku mereka, mengisap ibu jari mereka, makan dengan jari-jari mereka, atau memasukkan bagian tangan mereka ke dalam mulut.

2. Pastikan permukaan kamar mandi seperti wastafel dan toilet bersih.

3. Cuci buah dan sayuran dengan baik sebelum makan.

4. Bersihkan meja dapur dan peralatan memasak dengan baik setelah bersentuhan dengan daging mentah, terutama unggas.

5. Masukkan daging ke kulkas sesegera mungkin setelah dibeli, tapi pastikan bersihkan dahulu. Masak pula daging sampai matang.

6. Jangan pernah minum air mentah, air dari sungai, maupun mata air, kecuali telah dipastikan aman oleh tenaga kesehatan untuk diminum.

7. Hindari mencuci kandang atau tempat makan hewan peliharaan di wastafel yang sama dengan yang kita gunakan untuk menyiapkan makanan.

8. Pisahkan area makan hewan peliharan dengan area makan keluarga.

Selain itu, ketika anak terkena diare, kita juga jangan langsung panik. Tapi ada beberapa kondisi yang mengharuskan kita segera menghubungi dokter, yakni:

1. Diare berkali-kali dalam sehari, dan berlangsung lebih dari tiga hari

2. Muntah berulang dan tidak mau minum cairan

3. Sakit perut yang parah

4. Diare mengandung darah

5. Anak mengalami dehidrasi dengan tanda-tanda mulut kering atau lengket, sedikit atau tidak ada air mata saat menangis, mata terlihat cekung, kencing sulit dan sedikit, mengantuk dan pusing berat.

Tonton pula ramuan alami atasi diare,

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!