sign up SIGN UP search


parenting

Ini Lho Bun Aturan dan Cara Siapkan Masker untuk Keluarga

Nurcholis Maarif Minggu, 15 Nov 2020 13:32 WIB
Young woman wearing protective face mask, she sitting in bus transportation in the city. caption
Jakarta -

Memakai masker menjadi salah satu protokol kesehatan yang wajib dilakukan agar masyarakat tidak mudah terinfeksi COVID-19. Sebagai orang yang bertanggung jawab untuk melindungi keluarga, Bunda wajib tahu serba-serbi aturan penggunaan masker.

Jika sudah tahu, Bunda bisa menerapkannya ke anggota keluarga, terutama untuk mereka yang akan keluar rumah. Hal ini dilakukan tak hanya demi melindungi kesehatan salah satu anggota keluarga saja, tetapi juga keluarga yang lain.

Adapun aturan penggunaan masker untuk keluarga tersebut bisa dilihat dari Protokol Kesehatan untuk Keluarga yang dikeluarkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA). Isinya sebagai berikut.


  • Memakai masker sesuai standar kesehatan

  • Ganti masker setiap 4 jam atau sebelum 4 jam karena sudah basah/lembap

  • Cuci masker dengan detergen dan disetrika

  • Masker sekali pakai atau bedah digunakan bagi anggota keluarga yang memiliki risiko

  • Masker bedah yang sudah digunakan segera didisinfeksi, dirusak, digunting/dirobek, dan dibuang ke tempat sampah tertutup

  • Anak usia di bawah 2 tahun hindari bertemu dengan orang lain. Jika terpaksa, gunakan pelindung diri yang tidak mengakibatkan kesulitan nafas seperti kain gendong

Selanjutnya, masker juga tidak dianjurkan untuk bayi atau anak berusia di bawah 2 tahun, penderita masalah pernafasan, penderita kelumpuhan, orang yang kehilangan kesadaran diri, dan orang yang tidak mampu melepas masker tanpa bantuan.

Selain memakai masker, Bunda juga harus mengingatkan anggota keluarga lain untuk menerapkan protokol kesehatan lain ya, seperti menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun. Ini dilakukan agar Bunda dan keluarga tidak mudah terinfeksi virus.

(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi