sign up SIGN UP search


parenting

Pakai Masker Kain, Seberapa Sering Harus Dicuci?

Abu Ubaidillah Minggu, 15 Nov 2020 18:24 WIB
teenage girl wearing fabric mask for protect pm2.5 and Covid-19 caption
Jakarta -

Bunda tentu sudah tahu ada dua jenis masker berdasarkan frekuensi penggunaannya, yakni masker sekali pakai dan masker yang bisa dipakai berkali-kali dengan mencucinya (masker kain).

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), merekomendasikan masker kain sebaiknya dicuci seminggu sekali, itu pun jika tidak kotor atau basah.

"Harus dicuci secara rutin, tergantung pada frekuensi penggunaan. Bisa juga mencucinya seminggu sekali, jika masker tidak basah ataupun kotor," kata Direktur Medis Yayasan Nasional untuk Penyakit Menular di Bethesda, William Schaffner seperti dikutip dari detikHealth, Minggu (15/11/2020).


Lalu bagaimana sih caranya mencuci masker kain yang baik?

Schaffner menyarankan masker kain harus dicuci tergantung pemakaian dan keadaannya. Cara mencucinya juga hampir sama seperti mencuci pakaian pada umumnya, namun diutamakan menggunakan air panas.

Mencuci masker dengan air panas ditambah dengan deterjen akan membuat virus dan bakteri yang mungkin menempel pada masker bisa musnah, termasuk virus Corona. Bunda bisa mencoba trik ini agar masker yang dipakai keluarga benar-benar steril, ya!

Kemudian agar lebih efektif lagi, setelah dicuci bisa dijemur di bawah sinar matahari sampai benar-benar kering. Hal ini membantu agar masker kembali aman dipakai untuk berperang melawan COVID-19.

Kalau sudah dicuci bersih, jangan lupa untuk digunakan selalu ya, Bunda. Ajari juga anak dan keluarga untuk menggunakan masker setiap saat, mencuci tangan sesering mungkin, dan menjaga jarak dari orang lain minimal 2 meter seperti kampanye #IngatPesanIbu oleh Satgas COVID-19.

(prf/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi