sign up SIGN UP search


parenting

Umur Berapa Anak Belajar Calistung? Simak Jawaban Pakarnya Nih, Bun

Zika Zakiya Kamis, 19 Nov 2020 11:05 WIB
ilustrasi anak membaca caption
Jakarta -

Umur berapa sebaiknya seorang anak diajarkan Baca Tulis Hitung (Calistung)? Pertanyaan ini paling sering menggelayut di diri orang tua mengingat ketatnya persaingan di lingkup pendidikan pada saat ini.

Kekhawatiran itu kurang lebih seperti ini: Jika tidak diajarkan calistung sejak dini, bisa-bisa tertinggal. Tapi jika diajarkan terlalu dini, malah bisa membuat anak stres.

Aduh, dilema ya, Bun?


Menjawab dilema ini, HaiBunda menggelar Kuliah WhatsApp bersama Principal of Sekolah Inkluisi Cikal, Husnul Chotimah, S.Psi, pada Rabu (18/11/2020). Tema yang diangkat adalah 'Tips Mendeteksi Bakat Anak'. Kebetulan Bun, ada yang bertanya mengenai usia anak untuk belajar calistung. Berikut kutipannya:

Pertanyaan

"Selamat malam Ibu Husnul, apakah bakat anak bisa menurun dari orangtua(faktor genetik) ? Dan usia berapakah yg baik anak belajar calistung krn usia SD harus bisa baca dan tulis?terima kasih sebelumnya." (Kimmy, 2 tahun 8 bulan, Bekasi)

ilustrasi anak membacailustrasi anak membaca/ Foto: iStock

Jawab:
Anak tumbuh dan berkembang dipengaruhi dari dua hal; nature (bawaan genetik) dan nurture (lingkungan di sekeliling anak).

Jika diambil dari pengertiannya, bakat yaitu kemampuan dasar seseorang untuk belajar dalam tempo yang relatif pendek dibandingkan orang lain, namun hasilnya justru lebih baik. Diambil dari pengertian ini, jika dalam mengerjakan suatu hal anak dapat melakukannya dengan hasil yang maksimal dan dalam waktu yang singkat, berarti hal itulah bakatnya.

Bakat juga merupakan sesuatu hal yang menjadi bawaan sejak lahir, bisa jadi bakat menurun dari orangtua, bisa jadi juga bakat memang ada pada diri anak tanpa menurun dari kedua orangtua. Maka dari itu sangatlah baik jika kita dapat menemukan apa bakat yang anak miliki sejak dini agar dapat diasah dan dilatih dengan baik. Selain itu minat dan bakat berkembang optimal jika lingkungan di sekeliling anak mendukung.

Mengenai belajar calistung, bisa diajarkan begitu anak menunjukkan minat dan siap. Namun stimulasinya bisa dikenalkan sejak dini.

Untuk menulis anak perlu dikenalkan dengan berbagai macam alat tulis dan juga dikuatkan otot-otot motoriknya. Bermain adonan dengan menguleni, menggulung, meremas atau merobek-robek kertas juga merupakan kegiatan pra-menulis.

Begitu juga dengan membaca, membolak-balik halaman buku, berpura-pura membaca atau mengidentifikasi perbedaan dan persamaan di lingkungannya. Ini merupakan modal seorang anak untuk membaca. Nantinya ia bisa dengan mudah membedakan huruf 'B' dan 'D' misalnya. Terima kasih. 

Nah, sudah terjawab ya Bun kapan dan bagaimana tepatnya mengajarkan anak calistung. Mengajarkan anak memang bukan hal mudah, seperti halnya juga dialami Bunda seleb, Siti KDI, yang mengajarkan anak semata wayangnya dengan campuran budaya Indonesia - Turki. Simak dalam video berikut, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]



 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi