sign up SIGN UP search


parenting

Dongeng Putri Salju & 7 Kurcaci Baik Hati, Menarik Diceritakan ke Anak

Melly Febrida Minggu, 03 Jan 2021 14:36 WIB
Mother and daughter reading book on the floor. caption

Jakarta - Anak-anak zaman sekarang tentu lebih mengenal dongeng Frozen. Dahulu, semasa Bunda masih kecil, tentu enggak asing dengan dongeng Cinderella dan Putri Salju kan? Memang, ada beberapa pendapat yang menyayangkan dongeng-dongeng putri zaman dahulu tak lagi populer. Masih ingat kah Bunda dongeng Putri Salju?

James Riordan, dalam Dongeng Abadi Sebelum Tidur, menceritakan bahwa awal kisah Putri Salju, putri yang sangat cantik. Kulitnya seputih salju, bibirnya semerah darah, dan rambutnya sehitam arang.


Ibu dari Putri Salju yang baik hati meninggal ketika Putri Salju masih sangat kecil. Sang ayah, Raja Magnus, lalu menikah lagi, tapi ibu tiri Putri Salju tidak suka kalau ada orang yang lebih cantik darinya.

Ratu sering bertanya pada cermin ajaib, "Cermin-cermin di dinding, siapakah yang tercantik di seluruh negeri?". Lalu cermin akan menjawab, "Engkau ya Ratu, adalah yang tercantik di seluruh negeri."


Kalau jawabnya seperti itu, Ratu puas karena ia tahu cermin itu selalu mengatakan kebenaran. Tapi, pada suatu hari, ketika ratu bertanya ke cermin seperti biasanya, si cermin menjawab, "Engkau ya Ratu memang cantik. Tapi, Putri Salju sekarang lebih cantik dari engkau."

Tentu saja Ratu menjadi sangat marah. Ia tak rela ada yang mengalahi kecantikannya. Ratu kemudian memanggil pemburu dan memerintahkan untuk menghilangkan Putri Salju. Pemburu dengan patuh membawa Putri Salju ke hutan dan mengeluarkan pisaunya.

Tapi pemburu itu tidak tega melakukan kejahatan itu. Ia lebih memilih meninggalkan Putri Salju mencari makan sendiri di hutan.

Putri Salju berjalan jauh hingga sampai ke rumah mungil. Di dalam rumah itu sudah tersedia makanan dan tujuh piring di atas meja. Karena saking laparnya, Putri Salju menghabisi sebagian makanan itu dan berbaring di tempat tidur hingga tertidur nyenyak.

Malam harinya, pemilik rumah tujuh kurcaci kerdil atau bajang yang bekerja menggali emas dan berlian di pengunungan sepanjang hari. Ketika melihat Putri Salju, mereka sependapat begitu cantiknya sang putri dan tak mau mengganggunya.

Pagi harinya, ketika Putri Salju bangun, ia menceritakan semuanya ke tujuh kurcaci yang baik hati. Mereka meminta Putri Salju tinggal bersama mereka selama ia mau. 

Simak kelanjutan ceritanya di halaman selanjutnya ya.

Manfaat mendongeng untuk anak sangat besar lho, simak penjelasannya di sini:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Tips Cantik Sehat Saat PandemiFoto: Mia Kurnia Sari
(rap/rap)
Dongeng Putri Salju, dari pita hingga apel beracun
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi