sign up SIGN UP search


parenting

Fakta Menarik Legenda Roro Jonggrang, Bisa untuk Dongeng Si Kecil Bun

Tim HaiBunda Minggu, 17 Jan 2021 11:51 WIB
Wisatawan mengunjungi kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan di Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (1/7/2020). PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko membuka kembali kunjungan wisata Candi Prambanan pada Rabu (1/7/2020) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat serta pembatasan jumlah pengunjung setelah tutup selama tiga bulan akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww. caption
Jakarta -

Mungkin sebagian besar dari Bunda sudah tidak asing lagi dengan cerita fabel legenda Roro Jonggrang. Nah, tapi tahukah Bunda, ternyata ada beberapa fakta menarik dari kisah atau dongeng Roro Jonggrang ini. Bagi Bunda yang penasaran, maka berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari cerita Roro Jonggrang.

1. Menjelaskan asal mula beberapa candi di Indonesia

Fakta pertama yang ada di dalam cerita Roro Jonggrang adalah ternyata dongeng ini menceritakan asal mula dari beberapa candi yang ada di Indonesia. Nah candi-candi yang ada di dalam dongeng ini adalah Candi Sewu, Candi Prambanan, dan Situs Ratu Baka.


Di dalam kisah Roro Jonggrang ini diceritakan bahwa Roro Jonggrang adalah anak dari Prabu Baka yaitu raja dari Kerajaan Baka. Nah, menurut kisah ini dipercaya bahwa Situs Ratu Baka yang ada di dekat Candi Prambanan adalah istana dari Prabu Baka.

Selain itu untuk 999 candi yang tidak selesai dibangun oleh Bandung Bandawasa ini disebut atau dikenal dengan Candi Sewu yang terletak 800 meter dari Candi Prambanan. Dan yang terakhir adalah arca durga yang terletak di ruang utama Candi Prambanan juga disebut-sebut sebagai perwujudan dari anak Prabu Baka yaitu Roro Jonggrang.

2. Kisah cinta yang tragis antara Bandung Bandawasa dan Roro Jonggrang

Fakta menarik yang kedua dari legenda Roro Jonggrang adalah kisah cinta antara Roro Jonggrang dan Bandung Bandawasa yang cukup tragis. Nah awal mula kisah cinta ini sebenarnya karena ayah dari Roro Jonggrang yaitu Prabu Baka yang ingin memperluas kerajaannya dengan cara menyerang Kerajaan Pengging yang dipimpin oleh Prabu Damar Maya.

PT TWC Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko melakukan simulasi penerapan protokol kesehatan sebelum kembali dibuka. Simulasi itu akan dilakukan sebanyak 3 kali.Area Candi Prambanan/ Foto: Jauh Hari Wawan S

Ketika terjadi penyerangan di Kerajaan Pengging oleh Prabu Baka, maka Prabu Dama Maya meminta bantuan anaknya yang bernama Raden Bandung Bandawasa untuk mengalahkan dan membunuh Prabu Baka. Tidak lama setelah itu karena kesaktian dari Bandung Bandawasa maka Prabu Baka berhasil dibunuh, dan Kerajaan Pengging berencana untuk menyerang kembali Kerajaan Baka.

Nah, sesampainya Bandung Bandawasa di Kerajaan Baka dia melihat anak dari Prabu Baka yang cantik, sehingga Bandung Bandawasa berniat untuk menikahi anak dari Prabu Baka tersebut. Tapi Roro Jonggrang menolak lamaran tersebut karena ia tidak ingin menikahi seseorang yang telah membunuh ayahnya.

Walaupun begitu Bandung Bandawasa terus membujuk Roro Jonggrang, sampai akhirnya Roro Jonggrang bersedia untuk dinikahi oleh Bandung Bandawasa dengan dua syarat yaitu membuat sumur yang dinamakan Jalatunda dan membuat seribu candi dalam waktu satu malam.

Dan, singkatnya Bandung Bandawasa gagal karena Roro Jonggrang melakukan tipuan, dan mengetahui hal tersebut Bandung Bandawasa sakit hati dan mengutuk Roro Jonggrang menjadi batu. Itulah dua fakta menarik dari kisah legenda Roro Jonggrang yang bisa Bunda dan Si Kecil ketahui. (PK)

Lihat juga video berikut mengenai cerita Bunda Kristiania Besouw yang sudah pindah dari Indonesia ke negeri seberang untuk menjadi tentara.

[Gambas:Video Haibunda]

Banner GKR BendaraFoto: HaiBunda/ Mia Kurnia Sari
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!