sign up SIGN UP search


parenting

Cerita Keong Mas yang Terkenal

Tim HaiBunda Kamis, 14 Jan 2021 12:06 WIB
Ilustrasi Dongeng caption
Jakarta -

Jawa Timur memiliki Cerita Fabel yang cukup populer dan bahkan telah diterjemahkan ke dalam bahasa asing, yakni cerita Keong Mas. Kisah fabel ialah kisah tentang hewan yang mampu bercakap-cakap seperti manusia. Berikut ini kisahnya.

Cerita Keong Emas

Kisah ini tentang cerita kisah putri Candra Kirana, putri kerajaan Kertamerta yang hendak dinikahkan dengan pangeran Inu Kertapati dari kerajaan Kahuripan. Namun putri Galuh, saudara tirinya, juga menyukai pangeran tampan tersebut. Hingga ia pun memfitnah saudaranya itu sehingga putri Candra Kirana pun diusir dari istana.

Sang pangeran menolak dinikahkan dengan putri Galuh ia lalu berusaha mencari putri Candra Kirana, meninggalkan kerajaan. Dengan sedih hati putri Kirana menyusuri hutan hingga bertemu nenek sihir ia lalu menceritakan kisah hidupnya sambil menangis.


Tapi bukannya merasa kasihan, si nenek sihir justru mengutuk putri Kirana menjadi keong Mas, dan membuangnya ke sungai. Rupanya nenek sihir itu dendam dan benci dengan ayah putri Kirana dan ibunya.

Hingga pada suatu saat keong mas itu tersangkut di jaring seorang wanita yang sedang menjaring ikan di sungai. Lalu ia pun membawa keong mas tersebut pulang ke rumah. Sejak itu kejadian aneh terjadi tiap wanita itu pulang dari pasar kondisi rumahnya sudah rapi dan tersedia makanan lezat untuknya, ia lalu mengintip dan tahulah dia bahwa keong mas itu penjelmaan seorang putri yang dikutuk hanya akan bisa kembali jadi manusia jika telah bertemu kekasihnya.

Sang pangeran pun tiba di hutan yang sama dan bertemu dengan nenek sihir pula. Ia lalu menanyakan tentang putri Kirana namun justru dikutuk menjadi burung gagak. Sehingga makin sulit lah kedua sejoli tersebut untuk bisa bertemu dan saling mengenali karena bentuk mereka yang telah berubah.

Ilustrasi anak membaca bukuIlustrasi anak membaca buku dongeng. (Foto: Getty Images/PeopleImages)

Namun takdir berkata lain, hingga pada suatu saat burung gagak itupun sampai di tempat keong mas berada dan setelah keduanya pun bertemu lalu mereka kembali pada wujud mereka masing-masing. Hingga mereka bisa kembali ke istana dan menceritakan semuanya. Putri Galuh yang ketakutan lalu melarikan diri ke hutan.

Pelajaran Kisah Keong Mas

Pelajarannya ialah agar tidak iri dan dengki dengan kebahagiaan orang lain, apalagi terhadap saudara sendiri, harus saling mengalah. Juga sebaiknya tidak memaksakan diri dan selalu berpasrah terhadap takdir.

Berusaha boleh, Bun namun harus dilakukan dengan secara baik dan benar. Kemudian pelajaran yang lainnya lagi ialah agar tidak sembarangan menceritakan keluh kesahnya kepada sembarangan orang, yang justru akan menambah celaka dan kesedihan. Hal ini karena belum tentu semua orang suka dengan keluhan kita dan juga belum tentu semua orang bisa dipercaya untuk menyimpan rahasia dan suka rela menolong serta mampu memberikan solusinya, yang ada nantinya justru makin memperberat masalahnya.

Itulah pesan di balik kisah keong mas yang sangat populer dan bahkan ada bangunan dengan nama itu di Taman Mini. (PK)

Bunda simak juga manfaat dongeng untuk anak dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi