sign up SIGN UP search


parenting

Rekomendasi Dongeng Sunda Terbaik untuk Anak

Tim HaiBunda Senin, 18 Jan 2021 16:49 WIB
Ilustrasi Dongeng caption
Jakarta -

Dongeng atau cerita fabel bisa dikatakan sebagai hiburan atau teman untuk anak -anak. Setiap anak di Indonesia rata-rata tumbuh bersama dengan dongeng baik itu fabel, legenda maupun cerita rakyat. Apalagi untuk anak-anak pada jaman era 90-an ke belakang tentu sudah tidak asing lagi dengan cerita dongeng.

Namun, seiring dengan perkembangan jaman, dongeng mulai ditinggalkan oleh masyarakat kita. Bahkan budaya membaca cerita dongeng sudah tidak ada lagi dalam keluarga. Hal ini tentu sangat disayangkan mengingat banyaknya manfaat dari membaca dongeng.

Dengan membaca dongeng maka anak akan dilatih untuk berimajinasi. Selain itu sebagai orang tua, kita bisa dengan mudah mengajarkan nilai-nilai kehidupan pada Si Kecil melalui dongeng.


Menghidupkan kembali budaya membaca dongeng

Meski dongeng tidak sepenuhnya terhapus, sudah jarang sekali kini ditemui anak membaca buku dongeng. Terlebih dengan hadirnya teknologi saat ini di mana dongeng dikemas secara digital, menjadikan anak lebih suka mendengar dongeng melalui YouTube atau aplikasi smart phone.

Tidak ada salahnya mendengar dongeng secara digital karena juga tentu memiliki manfaat. Si Kecil akan mendapatkan banyak kosakata baru serta berimajinasi melalui cerita yang didengar. Hanya saja, budaya membaca dan kebiasaan membaca akan luntur perlahan-lahan. Untuk itu sebaiknya mulai hidupkan kembali budaya membaca di keluarga kita.

A young Arab American mother reads with her young daughter in a public park. She is wearing a hijab and having a great time as they turn pages and point to pictures together.Ilustrasi membaca dongeng/ Foto: Getty Images/Fly View Productions

Ajak Si Kecil untuk membaca setidaknya satu cerita setiap malam. Kita bisa mendampingi anak ketika membaca sehingga kegiatan membaca menjadi lebih menarik lagi. Pilihkan juga cerita dongeng yang menarik buat anak-anak. Namun ingat, sebelum memberikan buku dongeng kepada anak, sebaiknya periksa dulu apakah jalan ceritanya sama. Juga periksa apa ada kata-kata yang tidak pantas terselip pada buku dongeng.

Berikut ini adalah rekomendasi dongeng sunda terkenal yang bisa jadi referensi untuk diberikan pada Si Kecil.

Lutung Kasarung

Siapa yang tak kenal dongeng Lutung Kasarung? Hampir semua anak mengenal dongeng Sunda yang satu ini. Kisah perjalanan Sanghyang Guruminda yang menjelma menjadi seekor lutung ini patut untuk diberikan bagi Si Kecil. Anak akan belajar untuk tidak memandang rendah orang lain serta memiliki sikap yang pemaaf dan tidak menyimpan dendam.

Sangkuriang

Sangkuriang juga rasanya patut untuk direkomendasikan sebagai dongeng Sunda terbaik sepanjang masa. Dikisahkan seorang anak yang ingin mempersunting ibunya sendiri yaitu Dayang Sumbi yang adalah seorang bidadari.

Melalui cerita Sangkuriang ini, Si Kecil diajarkan untuk tidak sombong. Sikap tamak yang dimiliki oleh Sangkuriang serta kemampuan untuk menahan keinginan dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi Si Kecil.

Itulah tadi beberapa rekomendasi dongeng untuk anak yang bisa kita jadikan referensi. Masih banyak lagi dongeng atau cerita anak lainnya yang patut untuk dijadikan rekomendasi. Mulailah dengan memberikan dongeng, legenda, fabel sebelum mulai memberikan buku cerita yang lebih kompleks lagi.

Simak juga cerita para Bunda seleb berikut yang memiliki cara-cara tersendiri untuk menumbuhkan minat baca pada anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!