sign up SIGN UP search


parenting

10 Karbohidrat Padat Nutrisi yang Bagus untuk Pertumbuhan Anak

Melly Febrida Rabu, 24 Feb 2021 10:07 WIB
ilustrasi anak makan caption

Sebagai orang dewasa, Bunda mungkin berpikir berkali-kali untuk mengonsumsi karbohidrat. Sebab untuk usia dewasa karbohidrat memang kurang baik untuk tubuh jika berlebihan. Tapi bagi anak-anak, terutama balita, karbohidrat justru penting untuk pertumbuhan anak.   

Balita itu tumbuh dengan sangat cepat, dan mereka membutuhkan karbohidrat untuk pertumbuhannya. Menurut Team Kids, glukosa dapat ditemukan dalam karbohidrat dan glukosa sangat penting dalam perkembangan otak.

Otak menggunakan glukosa sebagai sumber energi utama mereka, dan ini membantu anak-anak tetap waspada sepanjang hari dan menjaga otak mereka tetap bekerja dengan baik.  

Menurut ahli gizi Jansen Ongko MSc, orang yang menjalani diet saja perlu mendapatkan karbohidrat di menu sarapannya. Apalagi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan kata lain, sumber bahan bakar terbaik adalah karbohidrat.

"Tinggi akan karbohidrat dan tentunya kaya akan nutrisi lainnya. Jika kurang asupan malah nanti malnutrisi, massa otot, kepadatan tulang, produksi sel darah merah menurun," tutur Jansen Ongko.

Kalau anak enggak mau makan nasi, masih banyak pilihan karbohidrat lainnya yang bisa Bunda sajikan. Ada 10 karbohidrat padat nutrisi yang harus dikonsumsi semua balita dikutip Moms.


Banner Resep Telur



1. Roti

Menurut Parents, roti adalah makanan yang tepat untuk memulai.  Saat kita memikirkan karbohidrat, pikiran kita langsung tertuju pada roti.  Menurut Nutrition Value, roti mengandung 74% karbohidrat, tetapi juga merupakan sumber kalsium, zat besi dan protein yang baik. Kandungan nutrisinya bagus untuk mendukung pertumbuhan anak. Ada banyak variasi roti yang bisa Bunda pilih.

Baca sumber karbohidrat padat nutrisi lainnya di halaman berikut ya, Bun. 

Simak tips lain seputar Si Kecil di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



SUMBER KARBOHIDRAT PADAT NUTRISI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi