sign up SIGN UP search


parenting

Bunda Perlu Tahu, Manfaat Penting Whey Protein untuk Tumbuh Kembang Anak

Annisa Karnesyia & Maya Sofia Jumat, 12 Feb 2021 14:25 WIB
Protein Bubuk caption
Jakarta -

Bunda pernah dengar protein whey yang diklaim bermanfaat untuk tumbuh kembang anak? Protein whey merupakan kandungan dalam susu sapi yang dihasilkan proses pembuatan keju.

Dilansir Mom Junction, whey adalah protein susu yang berkualitas tinggi. Protein ini mengandung BCAA (branched-chain amino acid), yakni kelompok asam amino yang diperlukan tubuh.

Selain itu, protein whey ini memiliki biological value (BV) yang tinggi, membuatnya mudah dicerna tubuh. Protein ini juga dapat mendukung sintesis protein di otot dan meningkatkan pertumbuhan.


Penggunaan protein whey pada anak mungkin bisa menimbulkan efek samping. Beberapa efek di antaranya adalah diare, perut kembung, mual, nafsu makan berkurang, kelelahan, dan sakit kepala.

Protein whey biasanya dijual dalam bentuk bubuk atau suplementasi, Bunda. Menurut CDC (Centers for Disease Control and Prevention), anak usia satu tahun sudah boleh mengonsumsi protein ini.

Sementara itu, anak usia 1 sampai 3 tahun direkomendasikan mengonsumsi 13 gram protein whey. Memasuki usia 4 sampai 8 tahun, konsumsi bisa ditingkatkan menjadi 19 gram per hari.

Meski penggunaan protein ini aman untuk anak-anak, sebaiknya Bunda berkonsultasi dulu ke dokter anak ya. Pada beberapa kasus, suplementasi mengandung protein whey dianjurkan bagi anak-anak yang sakit.

"Ada beberapa contoh yang menunjukkan bahwa bubuk protein whey aman untuk anak-anak. Namun, hal ini harus dibicarakan dulu ke dokter anak. Selain itu, jenis suplementasi protein ini harus diteliti secara menyeluruh," kata Tyler Spraul, director UX dan kepala trainer, dikutip dari Exercice.

Protein sangat penting untuk pertumbuhan tubuh anak. Jika digunakan dengan tepat, protein whey begitu efektif ditambahkan dalam menu makan anak.

Kebanyakan anak tidak mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan meski mengonsumsi makanan yang sehat. Menambahkan protein whey di makanan bisa meningkatkan energi di tubuh dan meningkatkan imunitas.

Meski penggunaannya aman, tak semua anak bisa mengonsumsi protein whey. Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Simak juga manfaat luar biasa konsumsi buah dan susu, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Melly Goeslaw Sukses Diet
MANFAAT UNTUK TUMBUH KEMBANG ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!