sign up SIGN UP search


parenting

3 Cerita Unik Murid Indonesia Sekolah Online, dari Atas Bukit hingga Sungai

anm Minggu, 28 Mar 2021 13:47 WIB
BELAJAR DI SUNGAI
Portrait of little Asian boy sitting at his desk doing homework against white background. caption

3. Kisah Wanda, Siswi di Lereng Merapi

Nasib serupa juga dialami oleh Wanda Hera Kurniawati. Gadis 10 tahun itu menduduki bangku kelas 5 SDN Kepuharjo yang berlokasi di lereng Gunung Merapi.

Sejak pandemi, ia harus belajar di tempat sang Bunda bekerja yaitu di aliran sungai Gendol, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman. Ia harus melalui jalanan terjal demi belajar di tepi sungai karena tidak ada orang yang bisa menemaninya belajar di rumah.

Sang Bunda, Sri Sutarti (27) merupakan penambang yang bekerja di daerah tersebut. Ia dengan sabar mendampingi putrinya belajar di sela-sela pekerjaan menambang.

Mereka belajar di tengah bisingnya suara kenalpot truk dan para penambang yang bersahut-sahutan. Ditambah lagi dengan debu yang beterbangan. Tak hanya itu, lokasi tersebut juga sangat berisiko.

Sungai Gendol merupakan jalur bukaan kawah Merapi dengan potensi bahaya utama. Apalagi Sutarti sempat mengalami pengalaman buruk di Sungai Gendol, yakni saat erupsi Merai tahun 2006 dan 2010.

"Trauma, ada. Apalagi kalau hujan deras. Tapi di sini sopir-sopir (truk tambang) yang bawa HT buat peringatan," ungkapnya.


(anm/som)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Rekomendasi