sign up SIGN UP search


parenting

Anak Tak Sengaja Batalkan Puasa? Lakukan 5 Hal Ini Bunda

Muhayati Faridatun Sabtu, 24 Apr 2021 18:15 WIB
cute muslim boy hugging his mother caption
Jakarta -

Si Kecil sedang berlatih puasa Ramadhan? Sebagian bunda mungkin anak-anaknya memang wajib melaksanakan puasa karena sudah baligh. Nah, bagaimana ya jika mereka tak sengaja membatalkan puasa?

Dikatakan Ustazah Erni Zuhriyati, S.S., S.I.P., M.S, anak-anak yang berusia hingga 8 tahun terkadang belum punya kesadaran lebih tentang pentingnya berpuasa. Untuk itu, Bunda perlu membimbing mereka agar siap menjalani puasa saat sudah baligh.

"Sebelum baligh, anak-anak memang tidak tercatat amalnya. Maka, kewajiban kita adalah memberi kesadaran kepada anak-anak, mempersiapkan mereka agar ketika baligh, mereka sudah siap mengamalkan ibadah puasa," tutur Ustazah Erni.


Saat melatih anak berpuasa, biasanya banyak tantangan ya, Bunda? Misal saja, Si Kecil mengeluh haus dan lapar, merengek atau membujuk Bunda untuk mengizinkan buka puasa sebelum waktunya. Nah, jika anak tak sengaja membatalkan puasa, kita harus bagaimana ya?

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Disarankan Ustazah Erni, Bunda disarankan melakukan lima hal berikut agar anak tak mengulanginya:

1. Jangan tegur anak terlalu keras

Bunda tak perlu memberikan teguran terlalu keras karena anak masih proses belajar. Tentunya lebih penting mempersiapkan kesadaran mereka tentang arti pentingnya puasa.

"Siapkan sebuah edukasi atau perkenalan tentang pentingnya puasa dan bagaimana puasa itu menyenangkan," ujar Ustazah Erni.

2. Jadi contoh yang baik

Bunda dan Ayah perlu menyiapkan diri menjadi contoh yang baik bagi anak. Saat menyuruh anak berpuasa, maka kita harus memberi contoh untuk berpuasa juga. Jangan sampai ketika mengajari anak puasa, kita malah tidak puasa.

"Bagi bunda-bunda yang sedang haid, dikondisikan saat menyantap makanan tidak di depan anak-anak. Walaupun akhirnya anak-anak mengetahui, jelaskan kepada mereka bahwa kita sedang haid, ini adalah rukhsah atau keringanan dari Allah," kata Ustazah Erni.

3. Beri anak pengertian

Bunda berikan pengertian agar mereka tidak mengulangi lagi di kemudian hari. Ingatkan juga agar mereka lebih hati-hati, selalu waspada, dan sadar sedang mengamalkan ibadah puasa.

Untuk dua hal lagi yang bisa Bunda lakukan agar anak tak membatalkan puasa, simak penjelasan Ustazah Erni selengkapnya dalam video Muslimahpedia HaiBunda bersama 'Aisyiyah di bawah ini.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi