sign up SIGN UP search


parenting

5 Tahapan Ajari Anak Hikmah Puasa Ramadhan, Bunda Coba Yuk

Annisa Karnesyia Minggu, 25 Apr 2021 14:05 WIB
Anak Puasa caption
Jakarta -

Puasa menjadi salah satu ibadah wajib yang dikerjakan selama bulan Ramadhan. Bunda dapat melatih anak berpuasa sejak dini supaya saat akil baligh, dia terbiasa menahan lapar dan haus ya.

Menurut anggota Divisi Pembinaan Keluarga Majelis Tabligh PP 'Aisyiyah, Dr. Hibana Yusuf, M.Pd., atau Ustazah Ana., secara biologis, sejak usia 7 tahun si Kecil sudah bisa dilatih untuk mengurangi makan dan minum. Mereka juga perlu dibiasakan ikut sahur dan puasa hingga petang bila kuat secara fisik dan mental.

Secara edukasi, puasa bisa dikenalkan pada anak yang lebih kecil lagi, Bunda. Terutama pada anak yang sudah bisa diajak berkomunikasi dengan baik.


"Menurut dokter dan ahli gizi, anak menahan lapar dan haus bisa dilatih mulai usia 7 tahun. Secara edukasi, pengenalan bisa dilakukan sedini mungkin atau saat anak mulai berkomunikasi," kata Ustazah Ana, dalam Live Instagram HaiBunda, belum lama ini.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

"Jelaskan tentang menahan lapar dan haus, misalnya kalau mereka terpaksa makan, 'sembunyi yuk nanti malu lho dilihat orang yang puasa'," sambungnya.

Sebelum melatih anak puasa, Bunda perlu menjelaskan makna menahan lapar dan haus selama sebulan ya. Jangan paksa mereka puasa selama satu hari tanpa menjelaskan hikmah puasa Ramadhan.

Berikut tahapan mengenalkan anak hikmah puasa, menurut Ustazah Ana:

1. Jelaskan kewajiban puasa Ramadhan

Jelaskan ke anak bahwa puasa Ramadhan adalah kewajiban untuk semua umat Islam. Puasa itu menahan diri untuk makan, minum, dan juga hal-hal yang dilarang agar tidak mengurangi pahala.

"Anak bisa menahan diri mulai dari terbit fajar atau Subuh hingga terbenam matahari atau Magrib," ujar Ustazah Ana.

Simak juga panduan keluarga Nabi untuk mengajarkan anak puasa, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

BERI CONTOH DAN JELASKAN PAHALA PUASA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi