sign up SIGN UP search


parenting

Begini Bun, Cara Mengajari Anak Puasa Secara Bertahap

Muhayati Faridatun Sabtu, 24 Apr 2021 20:06 WIB
Muslim mom teaching daughter how to wear a Hijab caption
Jakarta -

Anak-anak memang perlu diajarkan puasa sejak dini. Namun saat melatih mereka puasa Ramadhan, pasti banyak tantangan yang dihadapi ya. Tapi, Bunda jangan cepat menyerah.

Dijelaskan Ustazah Erni Zuhriyati, S.S., S.I.P., M.S., anak-anak yang belum baligh memang tidak tercatat amalnya. Meski begitu, Bunda dan Ayah berkewajiban memberi kesadaran pada mereka tentang pentingnya berpuasa, serta membimbing mereka agar siap melaksanakan puasa saat sudah baligh.

"Anak-anak kita yang berumur hingga 8 tahun, terkadang belum mempunyai kesadaran lebih tentang pentingnya berpuasa," kata Ustazah Erni.


Saat mengajari anak puasa, Ustazah Erni menyarankan, Bunda sebaiknya berikan edukasi atau perkenalan tentang pentingnya puasa, juga memberi pemahaman bahwa puasa itu menyenangkan. Orang tua juga perlu memberi contoh yang baik pada Si Kecil, yakni amalkan puasa saat menyuruh anak berpuasa.

Banner Muslimahpedia untuk Artikel

Dalam praktiknya, kadang tidak mudah ya mengajari anak berpuasa. Terlebih puasa penuh dari subuh hingga maghrib dan sebulan penuh selama Ramadhan. Ada saja keluhan mereka, "Aku haus, Bundaaa... Nggak makan jadi lemas."

Ustazah Erni menyarankan, Bunda berikan semacam target kepada mereka secara bertahap. Ketika anak masih berusia 4 tahun, maka latih mereka melaksanakan puasa sampai dzuhur. Saat mereka berumur 6 tahun atau memasuki Sekolah Dasar (SD), maka biasakan mereka puasa sampai maghrib.

"Secara bertahap ini, maka anak-anak kita akan terlatih untuk melaksanakan ibadah puasa," ujar Ustazah Erni.

Jika masih sulit dengan cara tersebut, boleh enggak sih kita iming-iming anak dengan reward atau hadiah? Bunda simak yuk penjelasan Ustazah Erni dalam video Muslimahpedia HaiBunda bersama 'Aisyiyah di bawah ini.

(muf/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi