sign up SIGN UP search


parenting

Cara Membuat Pesawat dari Kertas dan Manfaatnya untuk Anak

Kinan Selasa, 27 Apr 2021 10:40 WIB
Circle of paper airplanes, and orange colored one standing out from the crowd, can be used leadership/individuality concepts.( 3d render ) caption

Bagi para orang tua, bermain dengan si Kecil bisa jadi kegiatan yang menyenangkan. Tak melulu dengan mainan mahal lho, kegiatan sederhana seperti membuat pesawat dari kertas juga tak kalah seru!

Dikutip dari Parenting First Cryseni melipat kertas atau paper folding merupakan salah satu kegiatan kerajinan yang melatih kreativitas anak. Mereka bisa mendapatkan rasa senang dari pembuatan objek dari kertas.

Selain itu, anak juga bisa belajar cara mengikuti instruksi, meningkatkan ketangkasan manual, dan menghasilkan karya kreasinya sendiri.


Misalnya, selembar kertas persegi berwarna dapat diubah menjadi hampir semua hal yang ia inginkan. Bahkan tanpa perlu menggunakan alat lain seperti gunting atau pensil.

Manfaat kegiatan melipat kertas

Kertas lipat merupakan cara yang menarik untuk membantu anak, terutama usia balita, melatih keterampilan motorik halusnya. Selain sebagai aktivitas yang menyenangkan, manfaat melipat kertas untuk edukasi juga banyak.

Kegiatan ini dapat membantu Bunda berinteraksi lebih banyak dengan anak, sambil menciptakan sesuatu yang baru dan menarik. Ini juga meningkatkan koordinasi tangan dan mata.

Inilah mengapa origami atau seni melipat kertas turut diajarkan di sekolah sebagai bagian dari kurikulum. Diyakini kegiatan ini membuat anak-anak jadi lebih kreatif, inventif dan konstruktif.

Sebab pada dasarnya, anak balita memiliki imajinasi tingkat tinggi. Mengubah selembar kertas menjadi bentuk tiga dimensi pun menciptakan keajaiban untuk naluri mereka.

Paper plane on blue and red paperIlustrasi cara membuat pesawat dari kertas. (Foto: Getty Images/iStockphoto/WorSangJun)

Cara membuat pesawat dari kertas yang mudah

Salah satu bentuk paling populer dari seni melipat kertas yakni membuat pesawat. Dilansir The Spruce Craft, pesawat dari kertas klasik bisa mudah dibuat dengan menggunakan kertas ukuran letter atau persegi panjang.

Bunda bisa memberikan si Kecil kertas putih biasa, kemudian nanti ajak ia menghias pesawat kertas tersebut dengan pensil warna atau cat air sesukanya.

Berikut langkah-langkah cara membuat pesawat dari kertas model klasik:

• Lipat selembar kertas menjadi dua secara vertikal sepanjang sumbu tengahnya. Buka lipatan dan biarkan lembarannya rata.

• Lipat sudut kiri dan kanan ke bawah agar bertemu di lipatan tengah. Ratakan tepi yang terlipat dengan kuat sehingga ada lipatan diagonal yang tajam.

• Lipat tepi diagonal atas ke bawah agar bertemu di tengah, sejajar dengan lipatan tengah. Sekali lagi, tekan dengan kuat lipatan untuk membuat lipatan yang tajam.

• Lipat kertas kembali ke lipatan tengah dan letakkan kertas yang terlipat di satu sisi.

• Untuk menyelesaikan sayap pertama, lipat sisi diagonal ke bawah agar sejajar dengan lipatan tengah. Tekan dengan kuat.

• Balikkan pesawat dan ulangi untuk membentuk sayap yang berlawanan. Pastikan sayap dibentuk secara simetris untuk memastikan penerbangan lurus dan rata.

• Uji terbang pesawat dengan cara mengayunkannya ke depan. Jika perlu, tambahkan klip kertas atau selotip pada sayap pesawat untuk menambah bobot ekstra. Ini dapat meningkatkan aerodinamika dan membuatnya terbang lebih baik.

Cara membuat pesawat dari kertas dengan kertas persegi

Pesawat yang terbuat dari kertas persegi dilipat dengan cara yang sama seperti di atas, tetapi desain ini dirancang untuk penerbangan dengan tempo lebih lambat.

Lipat kertas menjadi dua secara vertikal, sepanjang sumbu tengah. Buka lipatan dan letakkan lembarannya rata, dengan sudut lipatan menghadap ke atas.

• Lipat sudut kiri dan kanan ke bawah agar bertemu di lipatan tengah. Ratakan tepi yang terlipat dengan kuat sehingga ada lipatan diagonal yang tajam.

• Lipat kertas kembali ke lipatan tengah dan letakkan kertas yang terlipat di satu sisi.

• Tekuk salah satu sayap untuk membuat lipatan yang sejajar dengan lipatan tengah dan berjarak sekitar 1 inci atau 2,54 cm.

• Buka sayap, lalu balikkan pesawat. Tekuk sayap yang berlawanan agar sesuai dengan lipatan pada sayap pertama.

• Luruskan sayap agar sejajar dengan bagian badan pesawat, dan uji terbangnya.

Di tahap ini Bunda juga dapat menggunakan selotip atau klip kertas untuk bereksperimen. Caranya sama, yakni dengan menambahkan beban pada titik yang berbeda untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap aerodinamika pesawat.

Demikian ulasan tentang cara membuat pesawat dari kertas yang mudah dan manfaatnya bagi proses belajar anak. Supaya ia lebih bersemangat, Bunda juga bisa menyiapkan kertas khusus origami yang berwarna-warni, ya!

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi