sign up SIGN UP search


parenting

Asah Kreativitas Anak dengan 10 Kreasi Origami Bentuk Hewan Yuk Bunda

Haikal Lutfi Selasa, 08 Sep 2020 17:03 WIB
Child folding origami paper caption
Jakarta -

Masa anak-anak merupakan masa bermain. Salah satu permainan yang dapat diajarkan pada anak, yaitu origami.

Ya, origami atau seni melipat kertas bisa menjadi alternatif untuk mengisi aktivitas bermain anak, Bunda. Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat mengasah kreativitas.

Dalam buku berjudul 'Media Pengajaran (2010)' menyebutkan, origami merupakan media yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya kreativitas anak. Selain itu, memudahkan anak dalam menguasai konsep simetri bangun datar.


Penggunaan kertas origami sebagai media pembelajaran sangat bagus untuk melatih sensor gerak motorik halus anak-anak. Sebab, ini dapat melatih keterampilan jari-jari tangan serta kerapian dalam berkreasi, sehingga mereka terbiasa untuk menciptakan hal-hal baru atau berinovasi.

Selain melatih keterampilan tangan, manfaat bermain origami juga melatih kesabaran yang memerlukan tingkat konsentrasi tinggi yang dapat menghasilkan karya origami yang bernilai estetik, Bunda.

Nah, seperti yang diketahui, origami adalah seni melipat yang berasal dari Jepang. Aktivitas ini bahkan sangat populer dan merupakan salah satu permainan tradisional di sana. Dalam perkembangannya, kegiatan melipat kertas menjadi salah satu seni yang diminati. Tidak hanya anak-anak, orang dewasa pun juga menyukai bermain origami.

Melipat kertas origami bisa dikreasikan menjadi bentuk apapun. Bentuk yang dibuat yang disukai anak-anak, salah satunya origami bentuk hewan.

Dilansir dari berbagai sumber, adapun berikut ragam bentuk origami hewan yang bisa dijadikan referensi untuk diterapkan bermain di rumah.

Origami bentuk hewan

Origami kupu kupu

Dalam budaya Jepang, kupu-kupu merupakan representasi gadis muda dengan kecantikan dan keanggunannya. Origami kupu-kupu ini akan terlihat lebih indah dengan kertas origami yang bagus. Sayapnya melebar dengan baik dan bodinya sedikit muncul untuk memberikan tampilan yang lebih realistis.

Origami ikan

Ikan merupakan simbol kebahagiaan, kesehatan yang baik, dan kesejahteraan. Dikarenakan fakta bahwa ikan dapat menjelajahi lautan sesuka mereka. Secara umum, membuat origami ikan ini cukup mudah, tetapi ada beberapa lipatan yang aneh namun sederhana.

Origami katak

Membuat origami katak tidak hanya mudah, tetapi ini juga dapat melompat lho Bunda. Cukup menekan bagian punggungnya dan melompat.

Anak-anak akan menyukainya, sebab ini bisa dijadikan kompetisi untuk melihat origami siapa yang mampu melompat paling jauh. Bentuk origami yang satu ini lebih menyenangkan dan menarik untuk dimainkan karena lebih interaktif.

Origami burung

Origami BurungOrigami Burung/ Foto: Pinterest

Salah satu origami hewan yang paling populer. Bentuk origami burung yang paling sering dibuat adalah bentuk bangau (tsuru). Selain itu, bentuk ini juga merupakan simbol harapan dan penyembuhan selama masa-masa sulit.

Origami kelinci

Origami kelinci sangat menggemaskan berkat telinganya dan bentuknya yang menggembung. Ciri lain yang unik dari bentuk origami ini adalah warna telinganya yang kontras. Oleh sebab itu, dianjurkan untuk menggunakan kertas origami dengan warna berbeda di setiap sisinya.

Origami penguin

Hewan yang satu ini terkenal memiliki cara berjalan yang lucu. Membuat origami penguin sangat mudah dan sederhana. Selain itu, origami ini dirancang untuk balapan sama halnya dengan origami katak. Ini dapat digerakkan dengan meniupnya.

Origami kepiting

Bentuk origami ini sangat bagus untuk pemula, serangkaian lipatannya pun mudah untuk dipraktekkan. Origami kepiting ini mungkin akan terlihat bagus jika Bunda menggunakan kertas merah muda tanpa pola.

Origami anjing

Origami anjing tidak terlalu sulit dibuat. Meski terdapat beberapa lipatan yang rumit. Direkomendasikan untuk penggunaan kertas origami dua sisi dengan warna berbeda di setiap sisinya, Bunda. Dengan begitu telinga dan hidungnya akan memiliki warna yang berbeda. Itu akan membuat kesan yang terlihat menggemaskan.

Origami naga

Meskipun ini hanya hewan mitologi, membuat origami naga bisa dikatakan gampang-gampang susah, Bunda. Terdapat beberapa metode yang digunakan untuk melipat origami naga dan masing-masing memiliki tingkat kesulitannya sendiri. Kebanyakan kreasi origami ini memiliki tingkat menengah hingga mahir.

Origami dinosaurus

Terakhir adalah origami bentuk dinosaurus. Membuat origami bentuk ini memerlukan koordinasi keterampilan tangan dan mata serta kesabaran yang ekstra. Sebab, kebanyakan untuk membuat model ini memiliki tingkat kerumitan yang tinggi. Meskipun anak-anak dipastikan menyukai hewan prasejarah yang satu ini.

Nah Bunda, ajak anak bermain origami yuk!

Simak juga Bunda, box mainan yang terbuat dari karton telur pada video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi