sign up SIGN UP search


parenting

Bun, Ini Cara Dukung Eksplorasi Anak di Usia Toddler dan Prasekolah

  |   Haibunda Senin, 10 May 2021 10:00 WIB
dancow caption
Jakarta -

Eksplorasi menjadi salah satu hal penting bagi Si Kecil di usia toddler dan prasekolah. Bahkan, di masa pandemi saat ini, penting bagi Bunda untuk menstimulasi tumbuh kembang Si Kecil lewat eksplorasi.

Melalui eksplorasi, tentunya akan ada banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh Si Kecil. Di samping tumbuh dan kembangnya jadi lebih optimal, kesehatan mental Si Kecil juga akan lebih terjaga.

"Anak jadi senang, kita (orang tua) jadi seneng. Aktivitas ini bukan sekedar seru, tapi ada banyak sekali manfaatnya. Dalam hal ini, Bunda dan ayah punya peran penting dalam mendampingi Si Kecil selama bereksplorasi. Dengan mengajak Si Kecil bereksplorasi, ini bukan hanya membuat Si Kecil tumbuh kembang secara optimal, tapi juga kesehatan mental dia juga tetap terjaga," jelas Psikolog Klinis, Ratih Ibrahim dalam acara Dancow Parent Fest Vol. 3, Sabtu (8/5/2021).


Ratih menjelaskan saat usia toddler dan prasekolah, eksplorasi dapat mengoptimalkan tumbuh kembang anak baik dari sisi kesehatan, kognitif, hingga bahasa. Oleh karena itu, Bunda dapat mendukung eksplorasi Si Kecil melalui kegiatan kreatif.

Bunda juga dapat memberi kebebasan kepada Si Kecil soal kegiatan yang ingin dilakukan. Namun, pastikan bahwa kegiatan tersebut aman terlebih jika Si Kecil ingin melakukan eksplorasi di luar rumah.

"Bunda dapat memberi kebebasan untuk memilih kegiatannya, tapi tetap memandu agar berjalan baik dan aman. Jadi kita bisa berikan pilihan (kegiatan) ke anak. Dengan demikian mereka akan punya self regulation, terus kita amati bagaimana saat dia menjalani pilihannya. Tapi yang paling penting kita pastikan lingkungannya aman dan orang tua bisa terlibat," katanya.

Soal eksplorasi, salah satu Bunda Inspiratif, Meisya Siregar memilih untuk membawa Si Kecil Bambang untuk menemukan hal baru di Jakarta Aquarium & Safari. Ia menyebut aktivitas ini mendukung eksplorasi Bambang karena dapat mengetahui hal-hal baru.

"Aku ingin mengajak Bambang untuk bereksplorasi karena udah kelamaan di rumah. Sekali-kali dong ajak Bambang gapapa, karena kita tau situasi ini kan sudah menahan cukup lama. Akhirnya ajak bambang ke sini dan aku liat Bambang senengnya luar biasa karena banyak sekali yang bisa dia pelajari," ungkapnya.

Sementara itu, Ahli Gizi Dr. Rita Ramayulis DCN menyebut eksplorasi juga dapat didukung melalui kegiatan menyenangkan, salah satunya memasak. Saat memasak, Bunda bisa ikut melibatkan Si Kecil sehingga ia eksplorasi cara memasak hingga menata makanannya.

"Memasak juga bisa melibatkan Si Kecil sekalian melatih motorik tangannya ketika dia mengambil, menjepit (makanan). Lalu, dia bisa diberikan kesempatan menata (makanan), nanti ada kreasi sendiri," katanya.

Selain itu, Dr. Rita menyebut Bunda juga perlu mendukung eksplorasi Si Kecil lewat asupan nutrisinya. Pasalnya, nutrisi baik akan memenuhi tumbuh dan kembang, serta perlindungan Si Kecil. Dengan demikian, dirinya bisa melakukan eksplorasi dengan lebih optimal.

"Para Bunda mesti tau bahwa Si Kecil masih sedang masa bertumbuh dan berkembang kecerdasan otaknya. Juga masih sedang (berkembang) perlindungan tubuhnya karena daya tahan tubuhnya sebelum lima tahun masih belum terbentuk semula. Oleh karena itu, makanan harus memenuhi zat gizi untuk memenuhi tumbuh dan kembangnya, serta perlindungannya," katanya.


Dalam memenuhi nutrisi Si Kecil, Dr. Rita menjelaskan Bunda dapat memberikannya makanan 4 sehat 5 sempurna dan membatasi asupan gula. Salah satunya dengan memberikan Dancow Nutritods yang hadir dengan 0 gram sukrosa, serta dilengkapi vitamin, zat besi zink dan nutisi lainnya.

"Caranya sangat mudah sekali bahwa Si Kecil harus diberikan makanan yang beraneka ragam, terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan batasi, sayur, buah, dan susu. Dan dibatasi batasan gula dan minyak yang berlebihan," pungkasnya.

(ega/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!