sign up SIGN UP search


parenting

Jelang Lebaran, Yuk Jaga Semangat Si Kecil dengan Nutrisi Seimbang

Inkana Putri   |   Haibunda Sabtu, 08 May 2021 17:45 WIB
Dancow caption
Jakarta -

Tak terasa Hari Raya Idul Fitri hampir tiba. Menjelang hari nan fitri ini, sangat penting bagi Bunda untuk mempersiapkan Si Kecil dengan hati dan perut yang kuat, salah satunya melalui pemberian nutrisi seimbang.

Ahli Gizi, Dr. Rita Ramayulis DCN menyampaikan, memenuhi anak dengan nutrisi seimbang menjadi penting bagi tumbuh, kembang serta perlindungan tubuhnya. Dengan demikian, anak bisa tetap tumbuh sehat dan semangat menyambut Lebaran.

"Kita harus senantiasa memenuhi kebutuhan Si Kecil yang masih sedang bertumbuh, berkembang dan membutuhkan perlindungan untuk sistem imunitasnya. Caranya sangat mudah sekali, Si Kecil harus diberikan makanan yang beraneka ragam, terdiri dari karbohidrat, protein hewani dan nabati, sayur, buah, dan susu. Dan dibatasi batasan gula dan minyak yang berlebihan," ujarnya dalam acara Dancow Parent Fest Vol. 3, Sabtu (8/5/2021).


Senada dengan Dr. Rita, Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Cindiawaty Josito Pudjiadi pun menyebut nutrisi jadi hal penting bagi tumbuh kembang anak. Di momen puasa seperti ini, dr. Cindi pun menyarankan agar orang tua tetap memperhatikan makanannya sehingga kebutuhan nutrisi anak dapat terpenuhi hingga hari raya tiba.

"Anak itu sedang masa perkembangan dan pertumbuhan, jadi (nutrisi) harus dipenuhi. Jadi, (harus) ada sumber protein, karbohidrat, sayur, protein, dan lemak. Saat puasa, anak terkadang kurang dapat memaksimalkan asupan makanannya, jadi kebutuhannya kurang lengkap. Nah, itu bisa dimaksimalkan dengan susu. Jadi, saat berbuka bisa diberi susu dan sahur juga diberi susu," ungkapnya.

"Nutrisi saat puasa dengan di bulan puasa tetep harus sama dan dipenuhi, baik dalam waktu sahur dan berbuka karena masih dalam pertumbuhan. Kalau sampai nggak tercukupi kebutuhannya, nanti pertumbuhannya nggak bisa maksimal. Pagi-pagi kalau lagi sahur tetap perlu konsumsi sumber karbohidrat, ada protein juga. Misalnya dengan mengonsumsi susu. Kalau ada tambahan susu, jadi nutrisi proteinnya jadi bisa di-cover," imbuhnya.

Meskipun termasuk hal penting, mencukupi kebutuhan nutrisi anak kadang jadi hal sulit bagi Bunda. Namun, Chef Dea Vialdo punya cara beda, yakni dengan membuat kreasi makanan yang menarik, lezat dan sehat, seperti buah celup coklat.

"Bunda tentunya mengerti ada anak yang malas disuruh makan sayur atau buah. Sebagai orang tua kita harus pintar mengolah makanan semenenarik mungkin kayak misalnya sayuran kita masukan ke dalam bakso. Untuk buah-buahan, aku bikin buah celup coklat. Karena anak kalau dengar coklat biasanya pasti suka," katanya.

Meskipun demikian, Chef Dea menyarankan agar Bunda tetap memilih bahan dasar yang aman dan baik untuk anak. Untuk rasa manis, Bunda bisa menggunakan dark chocolate, yang kandungan gulanya lebih sedikit. Selain itu, ia juga mengingatkan Bunda untuk memenuhi kebutuhan Si Kecil lainnya dengan memberikannya susu.

"Jadi, kalau dari makanan ini kalsium belum terpenuhi, bisa (dipenuhi) dari susu dancow, (seperti) Susu Dancow Nutritods yang hadir dengan 0 gram sukrosa," paparnya.

Tak hanya Chef Dea, Bunda cantik, Fairuz A. Rafiq ternyata juga memenuhi kebutuhan harian putranya Faaz dengan asupanĀ susu. Selama puasa, Fairuz mengaku selalu memberikan Faaz susu saat berbuka puasa dan sahur. Dengan begitu, Si Kecil Faaz dapat terus semangat menjalani puasa dengan hati dan perut kuat, hingga Lebaran tiba.

"Selain kita memberikan makanan anak yang bernutrisi, kita harus lengkapi juga dengan susu. Kayak Faaz, aku selalu berikan susu Dancow Fortigro karena mengandung kalsium, zat besi, zink, protein, vitamin A, C dan D. Jadi, aku selalu kasih sehari dua kali," pungkasnya.

Selain itu, Bunda juga bisa menyimak cara mengatasi sembelit anak dalam video di bawah ini:

(mul)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!