sign up SIGN UP search


parenting

7 Cara Menjaga Kesehatan Mata Anak, Salah Satunya Pakai Kaca Mata Hitam

Nanie Wardhani Kamis, 27 May 2021 19:00 WIB
kesehatan mata anak caption

Jakarta - Setiap orang tua tentu ingin memiliki anak yang sehat dan bahagia ya, Bunda. Tidak terkecuali kesehatan pada salah satu organ yang paling penting yaitu mata.

Dalam hal ini, orang tua kerap melakukan berbagai cara seperti memberikan makanan yang banyak mengandung vitamin A, melarang membaca sambil tidur, hingga membatasi jarak pandang anak dengan televisi. Apakah cara tersebut benar-benar efektif untuk menjaga kesehatan mata anak?

Wah, daripada Bunda galau,  untuk masa depan dan kesehatan Si Kecil dalam jangka panjang, berikut 7 cara menjaga kesehatan mata anak yang bisa bunda terapkan pada Si Kecil, seperti dilansir dari Healthline:


1. Lengkapi Vitamin dan Mineral Utama Si Kecil

Vitamin A, C, dan E, serta mineral zinc, mengandung anti-oksidan yang dapat membantu mencegah degenerasi makula, yaitu memburuknya kondisi bagian mata yang mengontrol penglihatan pusat.

Sumber makanan untuk nutrisi penting tersebut antara lain berbagai sayur dan buah yang berwarna-warni, seperti wortel, paprika merah, brokoli, bayam, stroberi, ubi, dan jeruk. Selain itu, makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon dan biji rami, juga direkomendasikan untuk kesehatan mata anak yang lebih baik.

2. Jangan Lupa Karotenoid

Ada beberapa nutrisi lain yang juga merupakan kunci untuk meningkatkan penglihatan yaitu lutein dan zeaxanthin, yang merupakan karotenoid yang terdapat di retina. Bunda juga bisa menemukannya dalam sayuran berdaun hijau, brokoli, timun, dan telur. Lutein dan zeaxanthin juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Karotenoid ini membantu melindungi makula dengan meningkatkan kepadatan pigmen di bagian mata tersebut, serta menyerap sinar ultraviolet dan biru.

3. Jaga Vitalitas Tubuh

Menjaga vitalitas tubuh dengan rajin berolah raga ternyata tidak hanya menjaga berat badan tetap stabil saja Bunda, tapi juga berperan dalam menjaga kesehatan mata, lho. Salah satu contohnya, penderita diabetes tipe 2 yang biasa menjangkit penderita obesitas, dapat merusak pembuluh darah yang terdapat di mata dan mengganggu kesehatan mata. Karena itu pastikan Si Kecil terus memiliki kegiatan fisik yang aktif ya Bunda.

4. Memantau Penyakit Kronis

Tidak hanya diabetes, penyakit kronis lain seperti tekanan darah tinggi dan sklerosis ganda juga bisa memberi pengaruh buruk pada kesehatan mata Bunda. Jadi pastikan asupan nutrisi Si Kecil tetap terjaga agar kelak tidak mudah terkena penyakit kronis yang membahayakan kondisi matanya.

5. Gunakan Pelindung Mata

Pastikan Si Kecil menggunakan pelindung mata saat keluar rumah dengan memakai kaca mata hitam. Kaca mata hitam akan melindungi mata dari serangan UV A dan UV B dari sinar matahari yang bisa merusak kualitas penglihatan dan kesehatan mata Si Kecil.

6. Pelajari Potensi Genetis Keluarga

Beberapa penyakit mata diturunkan dalam gen keluarga juga, Bunda. Jadi tidak ada salahnya jika Bunda mencari tahu sejarah kesehatan mata dalam keluarga Bunda dan suami, agar mengetahui kemungkinan adanya penyakit yang sama pada Si Kecil dan mempersiapkan pencegahan lebih dini. Beberapa penyakit yang diturunkan secara genetis diantaranya adalah glaukoma, degenerasi retina, degenerasi makula karena faktor usia, dan neuritis optik.

7. Menjaga Kebersihan Tangan dan Lensa Mata

Mata adalah bagian tubuh yang sangat sensitif terhadap kuman dan infeksi. Sedikit saja iritasi pada mata bisa mempengaruhi kualitas penglihatan, lho Bunda. Karena itu pastikan selalu menjaga kebersihan tangan Bunda dan Si Kecil agar jika perlu menyentuh mata maka tidak membawa kuman atau bakteri yang berbahaya ke dalam mata Si Kecil.

Demikian beberapa cara menjaga kesehatan mata anak yang bisa Bunda terapkan pada Si Kecil. Lalu penyakit mata apa saja kah yang paling umum terjadi pada anak-anak? Yuk simak pada halaman berikut ya Bunda.

Bunda, simak juga yuk tips mencari kacamata hitam untuk anak dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



TIGA PENYAKIT MATA PALING UMUM PADA ANAK
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi