sign up SIGN UP search


parenting

Gemas! 10 Inspirasi Kue Ulang Tahun untuk Anak Perempuan

Kinan Selasa, 01 Jun 2021 15:05 WIB
Family celebrating the birthday of the little daughter together caption

Kue atau cake menjadi salah satu makanan yang 'wajib' tersedia saat perayaan ulang tahun. Biasanya, kue digunakan sebagai simbolis khas yang dilengkapi dengan lilin.

Khusus untuk anak perempuan, kue ulang tahun yang bisa diberikan memiliki ciri khas tersendiri. Mulai dari warna, motif, hingga ornamen yang digunakan. 

Jika anak perempuan Bunda sebentar lagi ulang tahun dan ingin disiapkan kue, yuk intip inspirasi-inspirasi uniknya berikut ini!


1. Kue ulang tahun dengan 'isi' kejutan 

Hampir semua anak-anak menyukai kejutan, termasuk yang ada di dalam kue ulang tahunnya. Supaya lebih meriah, coba siapkan kue ulang tahun anak perempuan kesayangan Bunda dengan elemen kejutan dalam isinya.

Misalnya dengan memasukkan cokelat keping, chocolate chip atau permen kesukaannya di dalam kue. Jadi, nanti saat anak memotong kue ulang tahun tersebut, kejutan berupa camilan-camilan manis ini akan membuatnya makin senang! Kue ulang tahun anak perempuan seperti ini cocok untuk Si Kecil, Bunda.

2. Kue ulang tahun berbentuk es krim

Salah satu inspirasi kue ulang tahun untuk anak perempuan lainnya yakni dengan bentuk seperti ice cream cone. Sesuaikan warnanya dengan warna kesukaan si Kecil, ya.

Setelah itu, Bunda juga dapat memberikan taburan-taburan unik seperti meises warna-warni pada kue ini.

3. Rainbow cake

Warna pelangi identik dengan warna-warni yang meriah. Tak heran jika kemudian rainbow cake juga bisa dijadikan sebagai inspirasi kue ulang tahun anak perempuan yang unik.

Lapisi bagian luar kue menggunakan frosting cream warna putih dan tambahkan hiasan lilin dengan warna kesukaan anak. Ini bisa membuat kue ulang tahun anak perempuan Bunda makin istimewa.

4. Kue ulang tahun dengan karakter kesukaan

Jika anak saat ini sedang menyukai karakter atau tokoh animasi tertentu, kemungkinan besar ia akan meminta kue ulang tahun dengan tema tersebut ya, Bunda.

Biasanya anak perempuan akan menggunakan karakter seperti putri kerajaan Disney, boneka Barbie atau yang lainnya.

Agar lebih menarik, jangan lupa sesuaikan warna hiasan kue ulang tahun dengan karakter anak ya, Bunda.

5. Kue dengan rok tuan putri

Salah satu inspirasi kue ulang tahun anak perempuan lainnya yaitu dengan hiasan pada rok putri. Misalnya, rok dibuat dari krim hias berwarna seperti pakaian putri tersebut.

Bunda dapat menggunakan boneka putri untuk penyangga, kemudian gunakan frosting cream sebagai roknya.

6. Kue berbentuk istana

Selain berbentuk putri, kue ulang tahun anak perempuan juga dapat berbentuk istananya. Ide ini dapat digunakan apabila Bunda berencana menyiapkan kue ulang tahun ukuran besar.

7. Kue dari cupcakes 

Jika Bunda ingin lebih praktis membagikan kue ulang tahun kepada tamu, siapkan kue dari cupcake. Supaya tampak lebih menarik, susun beberapa cupcake membentuk angka sesuai usia si Kecil. 

Sediakan cupcake dengan hiasan dan warna kesukaan anak, ya.

8. Kue ulang tahun cupcake 'raksasa'

Selain menyusun beberapa cupcake kecil untuk dijadikan suguhan kue ulang tahun, Bunda juga bisa menyiapkan sebuah cupcake raksasa. Sesuaikan hiasan dan warnanya dengan kesukaan si Kecil ya, Bunda.

9. Kue berwarna ombre

Nuansa warna ombre saat ini sedang ramai digunakan sebagai ornamen kue ulang tahun. Agar tampilannya lebih menarik, frosting cream kue juga bisa dibentuk, misalnya menjadi seperti bunga mawar.

Selain lebih simpel, kue ulang tahun anak perempuan dengan tema ombre juga unik dan kekinian, lho.

10. Kue dengan hiasan tanduk unicorn

Dikutip dari The Bump, ide kue ulang tahun anak perempuan lainnya yakni bernuansa unicorn. Kue ini juga bisa dilengkapi dengan hiasan berupa tanduk unicorn di bagian tengahnya.

Agar tampil lebih elegan, berikan warna putih sebagai dominan, kemudian tambahkan hiasan warna-warni lainnya.

Menjaga kesehatan gigi setelah makan kue manis

Jangan lupa ingatkan si Kecil untuk tetap menjaga kesehatan gigi, termasuk setelah makan kue ulang tahun. Dilansir Well + Good, dokter gigi di New York, Dr. Brian Kantor, menyarankan orang tua membiasakan anak menjaga kesehatan gigi secara konsisten.

Berikan jeda waktu untuk menyikat gigi tepat setelah makan sesuatu yang asam atau tinggi gula. Hindari langsung menyikat gigi sesudahnya karena tidak baik untuk enamel. 

"Waspada terhadap makanan manis yang dapat menempel di gigi dan tetap berada di mulut bahkan setelah menyikat gigi. Ini dapat menyebabkan banyak kerusakan dalam waktu singkat jika tak dirawat dengan benar," ungkap Kantor.

Jadi, setelah anak makan kue ulang tahun favoritnya, ingatkan ia untuk membilas dengan berkumur. Trik ini dilakukan guna menghilangkan partikel dan bahan asam berbahaya dari mulut.

Setelah itu, berikan jeda sekitar 30 menit untuk menyikat gigi secara menyeluruh ya, Bunda.

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi