sign up SIGN UP search


moms-life

10 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga yang Menghasilkan Uang

Mutiara Ananda Selasa, 12 Jan 2021 11:20 WIB
Businesswoman using Tablet caption

Memilih menjadi seorang ibu rumah tangga dan meninggalkan kantor terkadang bisa membuat Bunda merasa bosan. Selain itu, Bunda juga tidak memiliki penghasilan sehingga tidak bisa membantu keuangan rumah tangga.

Tapi ternyata ada beberapa pekerjaan paruh waktu yang bisa Bunda lakukan sebagai ibu rumah tangga, lho. Selain bertemu dengan orang baru, Bunda juga bisa mendapatkan sedikit pemasukan.

Dilansir laman Good House Keeping, ada 10 pekerjaan sampingan untuk Bunda yang bisa menghasilkan uang, nih. 


1. Guru online

Jika Bunda terampil dalam hal mendidik, menjadi guru online mungkin cocok untuk Bunda, nih. Selain sesuai dengan kemampuan, Bunda juga bisa mendapatkan uang lebih dari sini. Saat ini ada berbagai macam platform yang bisa Bunda gunakan agar dapat berhubungan dengan murid di mana dan kapan saja. 

2. Jual barang bekas

Tanpa disadari, Si Kecil tumbuh dengan sangat cepat ya, Bunda. Karena itu, ada banyak pakaian milik mereka yang sudah tak terpakai.

Alih-alih membuang uang, lebih baik jual barang-barang yang masih bagus tapi sudah tak terpakai ini secara online. Dijamin bisa menghasilkan uang ekstra.

Girl is taking out money from walletIlustrasi keuangan rumah tangga/ Foto: iStock

3. Kelola sosial media

Kalau Bunda punya Instagram, Facebook, atau media sosial lainnya, Bunda bisa ubah akun tersebut menjadi tempat bisnis yang terpercaya nih.

Ada banyak toko dan restoran yang sulit mengelola akun mereka. Karena itu, Bunda bisa menjadi pengelola akun (admin) yang selalu online dan mengatur konten. 

4. Bisnis kue

Selama masa pandemi ini, banyak Bunda yang beralih profesi menjadi ibu rumah tangga yang berjualan kue. Mungkin Bunda juga bisa coba.

Bunda bisa mulai membuat kue untuk acara wisuda, ulang tahun, hingga pernikahan. Hal yang perlu diperhatikan tentu saja dekorasinya. Kuenya harus cantik ya, Bunda.

5. Mulai blog atau vlog

Meskipun blog atau vlog tidak memberikan kepastian tentang jumlah uang yang akan Bunda dapat, nyatanya pekerjaan yang satu ini bisa Bunda lakukan dengan sangat menyenangkan, lho. Bunda bisa melakukan hobi baru dengan membuat video dan mengunggahnya di akun Youtube. Bunda juga bisa mengajak si kecil, lho.

6. Guru musik

Jika Bunda kurang hebat dalam urusan akademis, mungkin Bunda bisa coba menjadi guru musik yang kreatif.

Jika belum berpengalaman, Bunda bisa praktikkan teknik mengajar pada Si Kecil terlebih dahulu. Teknik mengajar adalah salah satu skill yang bisa Bunda kembangkan dari anak di rumah.

7. Editor bahasa

Jika Bunda seorang alih bahasa, alih-alih mengoreksi pesan teks teman, Bunda bisa jadikan kebiasaan ini jadi ladang bisnis, lho.

Menjadi seorang korektor yang bekerja di rumah tentu menyenangkan ya, Bunda. Para penulis dan penerbitan tentu sangat terbantu dengan kehadiran Bunda.

8. Menjahit

Menjahit dan menjadi kreatif adalah salah satu karir yang bisa Bunda gapai di rumah nih. Bunda juga bisa mengatur jam kerja yang fleksibel agar kegiatan bersama Si Kecil juga tak terlewatkan.

Jika Bunda bisa membuat pakaian yang rumit seperti baju pernikahan dan pakaian formal lainnya. Dengan ketekunan, ini tentu akan menghasilkan uang yang banyak.

9. Rancang acara (Event Organizer)

Apa Bunda seorang penyelenggara pesta yang hebat? Ternyata keahlian ini bisa Bunda gunakan untuk bisnis, lho. 

Bunda bisa mulai dari hal yang kecil seperti ulang tahu anak, wisuda, pesta pernikahan, kemudian pertemuan besar lainnya.

10. Fashion stylist

Bunda suka memadukan pakaian dengan menunggah OOTD (outfit of the day) di laman media sosial? Ini bisa dijadikan ladang uang, lho. Bunda bisa membantu mereka yang membutuhkan sedikit bantuan untuk penampilan mereka. 

Simak juga video berikut dari Bunda Donna Agnesia yang ikut berbisnis di era pandemi ini.

[Gambas:Video Haibunda]



Banner dr.Tirta vs Melly Goeslaw
(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi