sign up SIGN UP search


parenting

3 Manfaat Pre School yang Bisa Bunda Pertimbangkan untuk Si Kecil

Nanie Wardhani Senin, 07 Jun 2021 16:32 WIB
Beautiful teacher and group of toddlers sitting on the floor drawing using paper and pencil around lots of toys at kindergarten caption

Jakarta - Si Kecil sudah memasuki usia pra sekolah? Apakah Bunda akan memasukkan Si Kecil ke pre school atau mau menunggu langsung masuk TK saat usianya sedikit lebih besar? 

Salah satu yang menjadi pertimbangan banyak orang tua mengenai pre school adalah masalah biayanya yang terkadang bisa tinggi. Selain itu, anak-anak yang mengikuti program ini biasanya masih sangat muda, tidak sulit untuk melihat mengapa beberapa orang tua mungkin merasa anak mereka dapat memperoleh manfaat yang sama hanya dari penitipan anak atau tinggal di rumah.

Tentu saja setiap orang tua memiliki pertimbangan masing-masing untuk mengambil keputusan untuk mulai mengenalkan pendidikan usia dini Si Kecil ya Bunda. Jadi, apakah dengan mengikuti preschool benar-benar dapat memberi perbedaan dalam perkembangan Si Kecil?


Jawabannya, menurut sebuah studi baru yang dirilis di jurnal Child Development, adalah iya, jika programnya benar berkualitas. Namun sebagai bahan pertimbangan, Bunda bisa menyimak beberapa manfaat pre school, seperti yang dikutip dari Healthline berikut ini.

Manfaat pre school untuk anak:

1. Anak-anak yang mengikuti pre school yang berkualitas ternyata menunjukkan perilaku pengaturan diri dan keterampilan akademis yang lebih besar daripada anak-anak yang tidak mengikuti pre school.

2. Manfaat peningkatan kosakata yang diperoleh dari bersosialisasi dengan anak-anak lain, serta menguatnya kecintaan pada buku dapat memberikan peningkatan bagi anak-anak sepanjang karier akademis mereka di kemudian hari.

3. Anak-anak yang mengikuti pre school di mana guru menerima pelatihan tambahan dapat menunjukkan peningkatan pencapaian akademis saat mulai masuk SMA.

Demikian beberapa manfaat pre school yang bisa menjadi bahan pertimbangan Bunda dalam menentukan jalur pendidikan sejak dini bagi Si Kecil. Yuk diskusikan terlebih dahulu bersama Ayah untuk mengambil keputusan ini.

Lalu apa saja kah yang perlu Bunda persiapkan untuk Si Kecil menjelang dirinya memulai hari pertama masuk pre school? Yuk simak lengkapnya di halaman berikut ini.

Simak juga yuk mengenai kecerdasan emosional anak agar mereka suka sekolah, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

PERSIAPAN MENJELANG HARI PERTAMA SEKOLAH BAGI SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi