sign up SIGN UP search


parenting

Bikin Tak Pede, Ini Cara Menghilangkan Bau Badan pada Anak

Kinan Rabu, 21 Jul 2021 14:48 WIB
Anak bau mulut Ilustrasi cara menghilangkan bau badan pada anak/ Foto: iStock

Bau badan lebih sering dianggap sebagai masalah orang dewasa. Padahal kondisi ini juga bisa dialami anak-anak. Bagaimana cara menghilangkan bau badan pada anak?

Sebelumnya, perlu Bunda pahami terlebih dahulu bahwa sebenarnya berkeringat pada anak-anak adalah hal yang normal. Nah, keringat umumnya tidak berbau, jadi bau badan terjadi ketika bakteri tercampur di dalamnya.

Dilansir Mom Junction, anak-anak biasanya mulai mengalami masalah bau badan setelah mencapai pubertas. 


"Namun bukanlah hal yang aneh bagi anak-anak yang lebih muda untuk memiliki bau badan akibat bakteri,” ungkap dokter anak, Cynthia L. Gellner. 

Menurut Gellner, anak-anak yang memiliki kebersihan tubuh kurang baik atau sangat aktif secara fisik juga lebih mungkin memiliki bau badan. Namun dalam kasus ini, bau badan dapat hilang dengan mandi dan menjaga kebersihan secara teratur.

Cara menghilangkan bau badan pada anak

Bau badan pada anak-anak sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa cara mudah. Tapi ini berlaku pada kasus bau badan yang disebabkan oleh masalah kebersihan, bukan gangguan kesehatan tertentu ya, Bunda.

Ya, menjaga kebersihan tubuh menjadi cara menghilangkan bau badan pada anak yang paling utama. Terutama jika si Kecil sudah mencapai usia 8 tahun, kebiasaan menjaga kebersihan tubuh dapat mulai dibiasakan.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau badan pada anak yang penting Bunda ketahui:

  • Biasakan anak rutin setiap hari membasuh tubuhnya, termasuk selangkangan, ketiak, dan kaki.
  • Pastikan anak memakai pakaian bersih setiap hari. Jangan biarkan anak mengenakan baju, celana panjang, jeans, atau rok yang sama selama lebih dari satu hari.
  • Periksa apakah pakaian anak sudah bersih dan beraroma segar. Terkadang, cuaca lembap dapat membuat pakaian berbau apek bahkan setelah disetrika. Jemur pakaian di bawah sinar matahari dan gunakan pewangi untuk membuat pakaian lebih harum segar.
  • Pastikan pakaian dan sepatu anak benar-benar kering sebelum dipakai.
  • Minum banyak air putih untuk membantu menghilangkan racun dalam tubuh dan mengurangi kemungkinan bau badan.

Bahan rumahan untuk mengatasi bau badan pada anak 

Beberapa pengobatan rumahan dipercaya bisa juga menjadi cara menghilangkan bau badan anak yang efektif. Terutama pada masalah bau badan ringan.

Namun, perlu dicatat bahwa masih sedikit bukti ilmiah untuk mendukung efektivitas pengobatan rumahan ini. Jika masalah bau badan anak tak kunjung teratasi, segera konsultasi ke dokter, ya.

Beberapa alternatif cara rumahan untuk mengatasi bau badan anak yakni:

Air lemon

Tambahkan beberapa sendok air lemon ke dalam air mandi anak. Cara ini dapat menjaga tubuh tetap kering, sehingga mencegah pertumbuhan bakteri. 

Pilihan lainnya, tambahkan sesendok jus lemon encer dengan secangkir air. Rendam bola kapas dalam campuran ini, lalu oleskan ke ketiak anak. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas dengan air. 

Jus tomat

Selain air lemon, dipercaya juga bahwa menambahkan sedikit jus tomat ke dalam bak mandi dan membiarkan anak berendam di dalamnya selama beberapa menit dapat membantu menghilangkan bau badan.

Jika anak tak suka berendam, air ini juga bisa digunakan untuk mandi.

Cuka sari apel

Bahan rumahan populer lainnya yang diyakini bisa menjadi cara menghilangkan bau badan anak yakni cuka sari apel. Oleskan bola kapas yang direndam dalam cuka sari apel di ketiak dan bagian tubuh lainnya beberapa menit sebelum memandikan anak. 

Daun rosemary

Rosemary disebut-sebut memiliki sifat antijamur dan antimikroba, sehingga dapat membantu menghilangkan bakteri pada kulit anak. 

Rebus daun rosemary dan tambahkan ke dalam air mandi anak. Biarkan anak berendam di bak mandi tersebut setidaknya selama 15 menit, lalu keringkan. 

Jika punya, Bunda juga bisa menambahkan sedikit minyak rosemary ke dalam air mandi si Kecil.

Bolehkah deodoran digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan anak?

Deodoran dapat 'menutupi' bau badan yang disebabkan karena masalah kebersihan dan pubertas. Tetapi jika bau badan disebabkan karena kondisi medis, deodoran tidak akan membantu. 

Selain itu, sebuah penelitian menunjukkan bahwa penggunaan antiperspiran sejak dini dapat mengubah bakteri ketiak, namun efeknya pada kesehatan masih diteliti lebih lanjut.

Dikutip dari Web MD, sebelum mencoba memberikan deodoran pada anak, pastikan kondisi kesehatannya terlebih dahulu dengan konsultasi ke dokter ya, Bunda!

(som/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi