sign up SIGN UP search


moms-life

7 Cara Mudah Hilangkan Bau Ketiak, Salah Satunya Pakai Lidah Buaya

Annisa Afani Minggu, 02 Aug 2020 15:48 WIB
negative feelings concept - portrait of amazed beautiful 20s girl covering her mouth for gag metaphor,studio shot on gray background caption
Jakarta -

Penampilan tidak hanya dinilai dari pakaian dan kebersihan yang terlihat, Bunda. Aroma yang ditimbulkan dari ketiak pun jadi penilaian orang di sekitar.

Bau keringat ketiak mungkin umum terjadi. Tapi sebenarnya, keringat yang timbul di ketiak tidak menyebabkan bau, Bunda. Kalau keringat itu tercampur bakteri, barulah aroma tidak sedap bisa muncul dan tercium. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Selain menjaga pola makan atau menutupinya dengan deodoran, Bunda juga bisa gunakan cara mudah untuk menghilangkan bau ketiak tersebut lho. Antara lain:


1. Lemon

Salah satu bahan yang diketahui efektif membunuh bakteri adalah lemon, Bunda. Untuk memanfaatkannya, cukup potong lemon jadi dua bagian, lalu gosokkan pada kulit ketiak.

Biarkan air lemon menempel untuk beberapa saat. Setelah kering, Bunda bisa membersihkannya. Ulangi cara ini setiap hari, maka bau badan akan berkurang.

2. Baking soda

Baking soda tidak hanya berfungsi di dapur, Bunda. Bahan membuat roti ini juga bisa membantu menjaga ketiak tetap kering dan bebas dari keringat.

Ditambah lagi, sifat antibakteri lemon juga sangat membantu melawan bakteri yang menyebabkan bau badan lho, Bunda. Nah untuk menggunakannya, Bunda perlu mencampurkan satu sendok makan baking soda dan satu sendok makan air jeruk lemon.

Setelah itu, oleskan langsung campuran dua bahan tersebut pada ketiak dan biarkan selama 2 - 3 menit. Setelah kering, Bunda bisa membersihkannya sambil mandi.

3. Kentang

Kentang juga diyakini bisa mengendalikan keringat serta membunuh bakteri yang ada di ketiak, Bunda.

Dengan sedikit asam dan sifat antimikroba yang dikandungnya, kentang bekerja dengan cara menurunkan pH dikulit ketiak, sehingga bakteri yang ada di ketiak pun akan mati.

Caranya, potong kentang jadi irisan tipis. Lalu gosokkan irisannya secara langsung pada ketiak. Biarkan ketiak sampai kering, dan lakukan 1 - 2 kali dalam sehari.

4. Lidah buaya

Dengan sifat antioksidan dan antibakteria, lidah buaya jadi salah satu solusi terbaik untuk menghilangkan bau ketiak dan mendetoksifikasi tubuh lho, Bunda.

Cara menggunakannya, ambil sedikit gel dari batangnya, lalu oleskan ke ketiak. Biarkan semalaman, bersihkan keesokan paginya, dan lakukan sekali setiap hari ya, Bunda.

Healthy Aloe vera juice in a mason jar glass. Top view scene on a wooden paddle board.Lidah buaya/ Foto: iStock

5. Cuka apel

Dalam kandungan sari cuka apel, terdapat sifat antimikroba yang dapat menetralkan area di ketiak dan menghancurkan bakteri penyebab bau.

Cara pakainya, ambil sari cuka apel ke dalam mangkuk kecil, lalu celupkan kapas, dan oleskan ke ketiak. Lakukan cara ini dua kali dalam sehari saat pagi setelah mandi, dan malam sebelum tidur.

6. Cukur bulu ketiak

Bakteri cenderung berkembang di rambut atau bulu ketiak, sehingga dapat menyebabkan bau, Bunda. Cobalah untuk mencukurnya untuk mengurangi bau yang ditimbulkan.

7. Garam epsom

Garam epsom atau garam mandi diketahui bisa meningkatkan keringat untuk bantu tubuh melepas racun yang sebabkan bau, Bunda.

Cara menggunakan garam ini dengan menambahkannya ke air mandi. Lalu gunakan air tersebut untuk berendam selama 15 - 20 menit. Ulangi cara ini sehari sekali, dan beberapa kali dalam seminggu ya.

Selamat mencoba, Bunda. Semoga berhasil menghilangkan bau ketiak tanpa deodoran.

Bunda, simak juga yuk tips ajarkan makna qurban pada anak ala Bunda seleb dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(AFN/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi