sign up SIGN UP search


parenting

5 Tips agar Anak Mudah Memahami Pelajaran di Rumah, Coba Dinyanyikan Bun

Annisa A   |   Haibunda Selasa, 10 Aug 2021 18:44 WIB
Happy schoolgirl preschool girl with book near school board blackboard caption
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat kegiatan belajar mengajar di sekolah harus dilakukan secara online. Hal ini menjadi tantangan bagi para siswa dalam memahami pelajaran, Bunda.

Tak sedikit dari mereka yang kesulitan mengikuti pelajaran secara daring. Tidak semua rumah memiliki fasilitas lengkap dan ruangan yang nyaman dipakai untuk belajar.

Tempat belajar mempengaruhi tingkat konsentrasi setiap orang ketika belajar. Apalagi jika suasana rumah tidak kondusif dan berisik. Hal itu akan membuat siswa semakin kesulitan dalam belajar.


Ditambah lagi, siswa perlu beradaptasi untuk mengikuti metode pembelajaran daring. Tak seperti kegiatan belajar mengajar langsung di sekolah, siswa tidak dapat bertatap muka dengan guru.

Presentasi yang diberikan lewat zoom meeting tentunya berbeda dengan presentasi langsung oleh guru di depan kelas. Jika tidak memerhatikan dengan benar, siswa akan sulit untuk menyerap penjelasan guru sehingga ketinggalan pelajaran.

Tak hanya itu, belajar online juga membatasi pertemanan siswa dengan teman sekelasnya. Mereka tak bisa lagi berkumpul dan mengobrol di kelas di sela-sela kegiatan belajar.

Meski begitu, kegiatan belajar tetap harus dilakukan di rumah karena pemerintah masih belum mengizinkan sekolah tatap muka secara merata.

Pemerintah kembali memperpanjang PPKM hingga 16 Agustus mendatang. Sementara itu di luar wilayah Jawa dan Bali, PPKM diperpanjang hingga 23 Agustus 2021.

Tak hanya kegiatan bekerja saja yang dialihkan menjadi WFH. Para siswa juga harus mengikuti kegiatan belajar mengajar dari rumah, kecuali mereka yang berada di wilayah PPKM level 3.

Meski ada beberapa sekolah yang kembali dibuka secara terbatas, masih banyak anak-anak yang harus belajar di rumah. Di mana pun tempat siswa belajar, ada sejumlah tips yang bisa dilakukan untuk mempermudah anak memahami pelajaran.

Salah satu yang bisa dicoba adalah membuat rangkuman. Membiasakan diri untuk merangkum penjelasan guru akan memudahkan siswa dalam memahami pelajaran yang diberikan dalam hari itu.

Dengan membuat rangkuman, daya ingat siswa akan lebih terasah. Anak juga dapat dengan mudah mengulang kembali pelajaran jika dibutuhkan.

Bunda dapat membantu metode rangkuman si kecil dengan metode rhyming atau irama nyanyian. Ajari mereka untuk menghafalkan berbagai istilah pelajaran dengan memakai nyanyian yang mudah diingat.

Selain metode rangkuman, ada berbagai tips lain untuk membantu siswa memahami pelajaran. TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

(anm/anm)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!