sign up SIGN UP search


parenting

Doa untuk Kedua Orang Tua, Baik yang Masih Hidup atau Sudah Meninggal

Kinan Rabu, 18 Aug 2021 12:20 WIB
Young Woman Praying. Young Muslim woman praying, indoors. Young Muslim woman in beige hijab and traditional clothes praying for Allah, copy space. Arab Muslim woman praying caption

Membaca doa untuk kedua orang tua secara berkala merupakan salah satu bentuk kasih sayang tulus. Baik untuk orang tua yang masih hidup, maupun sudah meninggal dunia.

Ini menjadi salah satu kewajiban anak, sebagai bentuk kasih sayang dan penghormatan kepada kedua orang tua.

Maka dari itu, penting untuk mulai memperkenalkan dan membiasakan bacaan doa untuk kedua orang tua pada Si Kecil. Doa ini bisa dibaca setiap selesai salat atau sebelum tidur.


Dikutip dari Kitab Shahih Adabul Mufrad, Imam Bukhari diriwayatkan dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda:

 يَجْزِي وَلَدٌ وَالِدًا، إِلَّا أَنْ يَجِدَهُ مَمْلُوكًا فَيَشْتَرِيَهُ فَيُعْتِقَهُ

Artinya: "Seorang anak tidak akan mampu membalas orang tua kecuali ia menemukan orang tuanya jadi budak lalu ia membelinya kemudian memerdekakan."

Derajat hadits ini shahih seperti juga tercantum dalam Kitab Al Irwa dan Kitabul Itqi.

Namun demikian, di zaman kini sudah tidak ada orang tua yang menjadi budak. Maka dari itu, cara seorang anak membalas budi ke orang tua bisa dengan menafkahi dan memberikan perhatian yang cukup untuk kedua orang tua.

Dilansir detikcom, berbakti kepada orang tua adalah perintah agama setelah berbakti kepada Allah SWT. Jadi, begitu tinggi kedudukan orang tua dalam ajaran Islam.

Abdullah ibn Mas'ud r.a. berkata, "Aku pernah bertanya kepada Rasulullah SAW, amal apakah yang paling dicintai oleh Allah? Beliau menjawab, 'Salat pada awal waktu.' Kemudian apa lagi? Beliau menjawab, 'Berbakti kepada orang tua."

Allah SWT berfirman dalam surat Al-Isra ayat 23-24 yang berbunyi:

"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, janganlah sekali-sekali kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka serta ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah. "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil." (QS Al-Isra [17]: 23-24)

Bacaan doa untuk kedua orang tua yang masih hidup

اَللّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَارْحَمْهُمَاكَمَارَبَّيَانِيْ صَغِيْرَا

Allohummaghfirlii waliwaalidayya war hamhumaa kama rabbayaanii shagiraa

Artinya:
"Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku (Ibu dan Bapakku), sayangilah mereka seperti mereka menyayangiku di waktu kecil".

Bacaan doa untuk kedua orang tua yang telah meninggal dunia

Saat orang tua sudah meninggal dunia, lantas bukan berarti anak tidak bisa berbakti lagi. Bentuk kasih sayang dapat diwujudkan dengan membaca doa untuk kedua orang tua. Ini terutama untuk memohon ampun agar dosa-dosa orang tua diampuni Allah

Selain membaca doa untuk kedua orang tua, anak juga bisa membacakan surat Yasin atau doa tahlil setiap malam Jumat.

اللّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ وَاَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِلْمَاءِ وَالشَّلْجِ وَالْبَرْدِ وَنَقِّهِ مِنَ الْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْاَبْيَضُ مِنَ الدَّ نَسِ وَاَبْدِلْهُ دَارً اخَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَاَهْلًا خَيْرًا مِنْ اَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ وَادْخِلْهُ الجَنَّةَ وَاعِذْهُ مِنْ عَدَابِ الْقَبرِ وَفِتْنَتِهِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ

Allahummaghfir lahu warhamhu wa ‘aafihi aa’fu ‘anhu wa qkrim nuzulahu wa wassi’ madkhalahu, waghsilhu bil maa i wats-tsalji walbarodi wa naqqihii minal khathaa ya kamaa yunaqqats-tsawbul abyadhu minad danas.

Wa abdilhu daaran khairan min daarihii wa ahlan khairan min ahlihii wa zawjan khairan min zawjihi, wa adkhilhul kannata wa a‘idzhu min ‘adzaabil qobri qqa fitnatihi wa min ‘adzaabin naar.

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah dan rahmatilah, bebaskanlah, lepaskanlah kedua orang tuaku. Dan muliakanlah tempat tinggalnya, luaskanlah jalan masuknya, bersihkanlah kedua orang tuaku dengan air yang jernih dan sejuk, dan bersihkanlah kedua orang tuaku dari segala kesalahan seperti baju putih yang bersih dari kotoran.

Dan gantilah tempat tinggalnya dengan tempat tinggal yang lebih baik daripada yang ditinggalkannya, dan keluarga yang lebih baik, dari yang ditinggalkannya juga. Masukkanlah kedua orang tuaku ke surga, dan lindungilah dari siksanya kubur serta fitnahnya, dan siksa api neraka.”

Bacaan doa untuk kedua orang tua yang sedang jatuh sakit

Bacaan doa juga bisa menjadi obat ampuh saat kedua orang tua sedang sakit. Panjatkan doa agar Allah memberikan kesembuhan pada orang tua.

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَاْسَ وَاشْفِهُ وانْتَ الشَّافِى لاَ شِفَاءَ اِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allahumma rabbannaasi adzhibil ba’sa wasy fihu, wa antas syaafi, laa syifaa-a Illa syfaauka, syifaan laa yughaadiru saqaama.

Artinya:
“Ya Allah, Rabb Manusia, hilangkanlah penyakit dan berikanlah dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Demikian makna dan beberapa bacaan doa untuk kedua orang tua yang penting selalu dipanjatkan. Jangan lupa untuk selalu membiasakan si Kecil memberikan kasih sayang dan perhatian tulus pada orang tua ya, Bunda.

Simak juga manfaat skin to skin dengan bayi baru lahir:

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!