sign up SIGN UP search


parenting

Kumpulan Doa Sebelum dan Sesudah Belajar untuk Anak

Haikal Luthfi Rabu, 17 Feb 2021 09:49 WIB
Young Asian Muslim teaching her sister to reading a book caption
Jakarta -

Belajar merupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu pengetahuan. Oleh sebab itu, kegiatan ini sangat positif karena mendatangkan banyak manfaat, Bunda.

Menurut Jerome S.Bruner, seorang ahli psikologi perkembangan dan kognitif, inti dari belajar adalah bagaimana cara untuk memilih, mempertahankan, dan mentransformasikan informasi yang didapatnya secara aktif.

Cara ini membangkitkan keingintahuan, memotivasi anak untuk menemukan jawabannya. Anak didorong untuk belajar sendiri secara mandiri melalui keterlibatan aktif dengan konsep-konsep dan prinsip-prinsip dalam memecahkan masalah.


Dengan begitu anak akan mendapatkan hal yang belum mereka ketahui secara lebih baik dan matang lagi. Sehingga, ilmu yang didapatkan menjadi bermanfaat, baik untuk diri sendiri maupun orang lain.

Mengutip Detik, ketika belajar terdapat beberapa adab yang perlu diamalkan, Bunda, antara lain seperti:

  • Niat belajar untuk mencari ridha Allah SWT.
  • Membaca doa ketika memulai belajar.
  • Penuh perhatian, konsentrasi, dan tidak main-main saat belajar.
  • Fokuskan pendengaran dan penglihatan pada pelajaran.

Dari keempat point tersebut, salah satu adab belajar yang penting untuk dilakukan adalah berdoa. Kebiasaan ini penting untuk dilakukan agar anak senantiasa dimudahkan dalam proses belajar.

Dalam Islam, segala sesuatu harus diawali dengan berdoa, termasuk belajar agar mendapat ridha dari Allah SWT. Berdoa merupakan tanda bahwa kita sangat butuh kepada-Nya. Dalam hadist riwayat Imam Tirmidzi, Rasulullah bersabda:

لَيْسَ شَيْءٌ أَكْرَمُ عَلَى اللهِ تَعَالَى مِنَ الدُّعَاءِ

"Tidak ada yang lebih mulia di sisi Allah SWT daripada doa." (HR. Tirmidzi)

Selain itu menurut Ustadz Adi Hidayat, Lc. MA. dalam kanal Youtube yang diunggah oleh akun channel Solusi Islam menjelaskan bahwa sebelum memulai pelajaran, niat dan doa merupakan dua hal yang paling penting demi memperoleh ridho Allah SWT.

"Biasakan berdoa sebelum belajar, memohon kepada Allah. Ini petunjuk Nabi, bahkan diajarkan pada para sahabat. Jangankan dewasa, anak kecil juga diajarkan oleh Nabi," ujarnya.

Oleh karenanya penting untuk membiasakan anak membaca doa sebelum dan sesudah belajar agar ilmu yang didapatkan berkah dan tidak sia-sia. Nah Bunda, berikut kumpulan doa pendek sebelum dan sesudah belajar.

A Muslim young man is putting both palms together (Muslim way of praying) at home in Malaysia. He is wearing 'baju Melayu', a traditional Muslim menswear.Anak berdoa/ Foto: iStock

Doa sebelum belajar

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Robbi zidnii 'ilman Warzuqnii fahmaa, Waj'alnii minash-shoolihiin

Artinya:

"Ya Allah, tambahkanlah aku ilmu dan berilah aku kemampuan untuk memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk golongan orang-orang yang saleh."


رَضِتُ بِااللهِ رَبَا وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـاوَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Rodlittu billahirobba, wabi islamidina, wabimuhammadin nabiyyaw warasulla ,robbi zidnii ilmaa warzuqnii fahmaa.

Artinya:

"Kami ridho Allah Swt sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasul, Ya Allah, tambahkanlah kepadaku ilmu dan berikanlah aku pengertian yang baik."

Doa sesudah belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi'uka maa 'allamtaniihi fardud-hu ilayya 'inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal 'alamiin

Artinya:

"Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam."

اَللّٰهُمَّ أَرِنَا الْحَقَّ حَقًّا وَارْزُقْنَا اتِّـبَاعَهُ وَأَرِنَا الْبَاطِلَ بَاطِلاً وَارْزُقْنَا اجْتِنَابَهُ

Allahumma Arinal Haqqa Haqqan Warzuqnat tibaa'ahu. Wa Arinal baathila Baa-Thilan Warzuqnaj tinaabahu

Artinya:

"Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga kami dapat menjauhinya."

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلّٰهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Rabbanan fa'naa bima 'alamtanaldzi yanfa'una wa zidna 'ilman walhamdulillahi 'ala kulihal

Artinya:

"Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa-apa yang bermanfaat bagi kami serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan."

Simak juga video cita-cita istri Yusuf Mansur untuk anak:

[Gambas:Video Haibunda]



(haf/haf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi