sign up SIGN UP search


parenting

3 Manfaat Ajarkan Lagu Nasional pada Anak, Bisa Tumbuhkan Percaya Diri Lho!

Tim HaiBunda Minggu, 05 Sep 2021 09:26 WIB
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka menurunkan bendera Merah Putih saat upacara Penurunan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021). ANTARA FOTO/Biro Pers Setpres/Muchlis Jr/sgd/aww. caption
Jakarta -

Musik mempunyai banyak manfaat pada proses pertumbuhan anak. Musik pun bisa menjadi media dalam pengajaran sehingga lebih mudah untuk diterima oleh Si Kecil. Maka dari itu memperkenalkan dan mengajarkan tentang musik, apalagi lagu nasional sejak dini pada anak, adalah hal penting.

Mengenalkan dan mengajarkan lagu-lagu nasional pada anak mempunyai tujuan untuk tumbuhkan rasa nasionalisme sejak dini pada mereka. Bunda dapat memulai untuk ajarkan pada Si Kecil dari lagu wajib nasional seperti Indonesia Raya, lalu barulah Bunda ajarkan lagu-lagu yang lainnya.

Lagu Indonesia Raya perlu diajarkan pertama tentunya karena memang merupakan lagu wajib yang semua orang Indonesia harus tahu dan hafal. Selain itu, lagu ini merupakan identitas NKRI selain bendera, bahasa, dan lambang negara. Lagu Indonesia Raya pun merupakan simbol dari jati diri bangsa.


banner bule austria nikahi tukang sapu

Lagu-lagu nasional mempunyai lirik mengenai semangat dari perjuangan bangsa Indonesia. Syairnya mengobarkan dan membangkitkan semangat perjuangan yang dapat melatih si kecil untuk menghargai dan menghormati perjuangan dan jasa dari para pahlawan yang sudah berjuang hingga mati-matian untuk merebut kemerdekaan Indonesia.

Umumnya memang lagu-lagu nasional diajarkan dari playgroup maupun TK oleh para guru. Meski demikian, Bunda juga harus tetap ajarkan lagu nasional ketika anak di rumah sehingga mereka bisa meresapi makna dari lagu tersebut.

Selain itu, antara Bunda dan Si Kecil hubungannya akan semakin kuat karena kerap berinteraksi. Mengajarkan anak tentang musik dan lagu-lagu nasional, tentunya mempunyai manfaat tersendiri yang bisa didapatkan. Nah, berikut adalah berbagai manfaat tersebut yang sebaiknya memang Bunda ketahui:

1. Dapat memetik pesan yang positif

Mengenalkan dan mengajarkan anak tentang lagu-lagu nasional dapat berikan pesan yang positif tentang isi lagu-lagu tersebut. Untuk Bunda, orang tua ataupun guru penting untuk pahami maksud tiap lagi supaya si kecil dapat menangkap secara mudah maksud isi lagu.

2. Memperkaya jenis musik yang diketahui anak

Penting sekali untuk mengenalkan lagu-lagu nasional untuk anak. Pasalnya, ke depan anak-anak dapat mengenal tentang keragaman dari jenis musik. Dengan begitu, pengetahuan anak tentang musik dapat lebih banyak.

3. Tumbuhkan kreativitas dan rasa percaya diri anak

Rasa percaya diri serta ekspresi ketika nyanyikan lagu dapat jadi modal yang penting di masa anak dewasa. Di mana kreativitas serta rasa percaya diri akan berkembang terus dengan seiring pengetahuan yang bertambah tentang lagu-lagu nasional.

Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari kenalkan musik dan lagu nasional pada anak. Selain lagu wajib nasional Indonesia Raya, tentunya ada banyak lagu lain yang dapat Bunda ajarkan pada si kecil.

Misalnya saja Indonesia Pusaka karya dari Ismail Marzuki, Bangun Pemudi Pemuda karya dari Alfred Simanjuntak, Garuda Pancasila karya dari Sudharnoto, dan masih banyak lainnya. (PK)

Simak juga video berikut mengenai Presiden Indonesia dari masa ke masa.

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!