sign up SIGN UP search


parenting

7 Manfaat Membaca Al-Qur'an bagi Umat Muslim, Yuk Biasakan pada Si Kecil

Kinan Selasa, 31 Aug 2021 13:06 WIB
mother and kid reading quran together at home caption

Membaca Al-Qur'an menjadi salah satu kewajiban umat Muslim. Termasuk juga untuk mempelajari makna isinya, sekaligus mempraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Nah, apa saja manfaat membaca Al-Qur'an yang bisa kita dapatkan?

Agar manfaat ini bisa lebih dirasakan oleh keluarga, jangan lupa berikan pemahaman juga pada Si Kecil ya, Bunda. Ini supaya ia juga turut merasakan manfaat membaca Al-Qur'an secara rutin.

Rumah yang anggota keluarga di dalamnya rutin membaca Al-Qur'an disebutkan akan lebih 'hidup', serta dijauhkan dari bahaya dan kesesatan.


Kemukjizatan Al-Qur'an terletak pada janji Allah SWT yang akan menjamin dengan dirinya sendiri memelihara dan menjaga-Nya. Sebagaimana firman-Nya, "Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur'an dan sesungguhnya Kami pula yang memiliharanya." (QS. Al-Hijr [15]:9).

Berikut manfaat membaca Al-Qur'an secara berkala bagi umat Muslim:

1. Meraih pahala berlipat ganda

Rasulullah SAW dalam sabdanya mengungkapkan bahwa orang yang membaca satu huruf ayat Al-Qur'an akan diberikan pahala oleh Allah dengan jumlah hingga 10 kali lipat.

"Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur'an maka ia akan mendapat satu kebaikan dan dari satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan alif lam mim sebagai satu huruf. Akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf." (HR. Bukhari).

Dalam hadits lain, disebutkan pula jika mereka yang membaca Al-Qur'an akan mendapatkan pahala seperti salat sepanjang malam.

"Siapa yang membaca 100 ayat pada suatu malam, dituliskan baginya pahala salat sepanjang malam." (HR. Ahmad)

2. Diangkat derajatnya

Dikutip dari detikcom, Allah SWT akan mengangkat derajat orang-orang yang selalu membaca Al-Qur'an. Termasuk juga mereka yang mau mempelajari isi, serta mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

3. Hati selalu tenang dan tentram

Ketenangan jiwa dan pikiran menjadi hal yang sangat penting dalam menjalani kehidupan. Nah, ini juga merupakan salah satu manfaat membaca Al-Qur'an yang bisa diraih umat Muslim.

Dalam surah Al-Isra ayat 82 disebutkan bahwa Al-Qur'an diturunkan Allah SWT untuk menjadi obat segala macam penyakit kejiwaan. Jadi, manfaat membaca Al-Qur'an pun termasuk mendapatkan ketenangan jiwa.

Manfaat membaca Al-Qur'an bagi ketenteraman hati juga tertuang pada firman Allah SWT dalam Al-Qur'an surat Ar-Ra’d ayat 28:

"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram."

4. Menjauhi diri dari perbuatan sesat

Membaca dan mempelajari isi Al-Qur'an juga dapat membantu menjauhi diri seseorang dari perbuatan sesat dan jahat. Bahkan termasuk dalam kehidupan di dunia dan akhirat.

Kebiasaan baik ini juga dapat umat Muslim mendapatkan jaminan pertolongan (syafaat) di hari kiamat kelak.

5. Mendapatkan keberkahan malaikat

Rumah umat Muslim yang rutin membaca Al-Qur'an akan senantiasa dihadiri malaikat. Suasana rumah juga jadi lebih tenang, menyenangkan, serta jauh dari jin-jin jahat.

6. Memberi pahala bagi orang tua

Tak sekadar memberikan manfaat bagi diri sendiri, rajin membaca Al-Qur'an juga berpengaruh bagi kehidupan orang tua kelak. Jadi, manfaat membaca Al-Qur'an pun salah satunya menjadi bukti kasih sayang anak kepada orang tua, Bunda.

Sebagaimana disebutkan dalam sabda Rasulullah SAW:

"Siapa yang membaca Al-Qur'an serta berusaha mengamalkannya, maka kelak di hari Kiamat kedua orang tuanya akan diberi mahkota yang bersinar lebih baik daripada sinar matahari di dunia. Bagaimana menurutmu orang yang mampu melaksanakan hal ini?" (H.R Abu Dawud)

7. Mendapatkan petunjuk kehidupan di jalan yang lurus

Al-Qur'an merupakan pedoman hidup umat Muslim, sehingga diharapkan dengan ini seseorang akan mampu mengamalkannya. Dengan demikian, rajin membaca Al-Qur'an pun akan memberikan tuntunan dan petunjuk dalam kehidupan di dunia.

Hal ini tertuang dalam Al-Qur'an surat Al-Isra ayat 9, yaitu:

"Sesungguhnya Al-Qur'an memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar."

Demikian ulasan tentang ragam manfaat membaca Al-Qur'an bagi umat Muslim yang mengamalkannya. Agar si Kecil terbiasa, berikan contoh dengan rajin mengaji dan membaca Al-Qur'an juga ya, Bunda. Terutama setiap selesai salat.

Ini akan membantu anak membiasakan diri membaca Al-Qur'an, sehingga lama-kelamaan turut mampu mempelajari makna di dalamnya. 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!