sign up SIGN UP search


parenting

Si Kecil Sudah Waktunya MPASI, Ini Lho yang Perlu Disiapkan

Jihaan Khoirunnisa Rabu, 01 Sep 2021 11:55 WIB
MPASI caption
Jakarta -

Bun, momen pemberian makanan pendamping ASI (MPASI) menjadi salah satu milestone pertumbuhan anak yang paling ditunggu. Namun, Bunda harus mengetahui terlebih dulu apa itu MPASI dan apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum memberi MPASI kepada buah hati.

MPASI sejatinya merupakan makanan tambahan yang diberikan kepada bayi. Menurut WHO ketika memasuki usia 6 bulan, si kecil sudah boleh diberikan MPASI, Bun. Sebab di usia tersebut ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi bayi. Sehingga dibutuhkan makanan pendamping dengan jumlah dan komposisi yang tepat agar buah hati dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal.

Di momen perdana MPASI, ada beberapa hal yang perlu disiapkan Bunda agar bisa memberikan makanan terbaik kepada buah hati, seperti dikutip dari beragam sumber:


1. Peralatan Makan Anak

Saat ini sudah banyak produk peralatan makan bayi yang tersedia. Bunda bisa memilih alat makan MPASI dengan desain menarik dan warna yang mencolok, supaya anak jadi lebih bersemangat. Namun, jangan lupa untuk mempertimbangkan faktor keamanannya. Pastikan peralatan makan, seperti piring, mangkuk dan gelas tersebut memiliki label BPA free. BPA merupakan zat kimia yang bisa berpindah ke makanan dan berisiko menimbulkan masalah kesehatan pada anak.

2. Saringan

Pada masa-masa awal pemberian MPASI, sebaiknya berikan makanan dengan tekstur halus. Itulah mengapa penting bagi Bunda memiliki saringan. Alat ini akan membantu menghaluskan makanan setelah dimasak dalam panci. Sehingga Bunda tidak perlu slow cooker ataupun blender. Dengan saringan, Bunda pun jadi lebih mudah untuk mengatur tingkat kehalusan tekstur MPASI bayi.

3. Celemek Bayi

Di masa-masa awal bayi belajar untuk makan, kecil kemungkinan mereka makan dengan tenang. Pasti ada saja makanan yang berceceran, entah di piring, tangan, atau bajunya. Untuk itu, penting bagi Bunda menyiapkan celemek bayi atau bibs. Hal ini supaya Bunda tidak perlu repot mengganti baju anak setelah makan.

4. MPASI dengan Tekstur Sesuai dan Komposisi Lengkap

Pemberian makanan pendamping untuk bayi harus memperhatikan komposisi tekstur yang sesuai dengan kebutuhan si kecil, Bun. Berpedoman Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), tekstur makanan juga penting untuk melatih kemampuan bayi dalam mengunyah dan menelan, serta melatih sistem pencernaannya.

Sebaiknya tekstur MPASI disesuaikan dengan usia bayi, mulai dari tekstur lembut di usia 6 bulan. Kemudian, seiring dengan pertambahan usia pemberian MPASI bisa dilanjutkan dengan menu bertekstur lumat pada usia 8-9 bulan. Sampai akhirnya anak bisa diberikan makanan bertekstur cincang halus dan kasar, hingga finger food atau makanan yang bisa dipegang oleh anak.

Jangan sampai hanya berfokus pada tekstur saja Bunda, melainkan kandungan gizi di dalam MPASI juga harus diperhatikan. Dari pada menu tunggal, WHO merekomendasikan untuk memberikan makanan yang bervariasi untuk memastikan kebutuhan gizi krusial si kecil tercukupi. Misalnya dengan memberikan daging, ayam, ikan, atau telur secara seimbang di menu MPASI harian anak.

Sebaiknya MPASI juga terdiri dari energi dan protein yang memadai untuk mendukung nutrisi anak yang sedang tumbuh. Di samping makronutrien, MPASI haruslah dapat memenuhi 97% kebutuhan mikronutrien, seperti zat besi.

SUNFoto: Dok. SUN

Berdasarkan panduan IDAI, bayi berusia 6 bulan memiliki kebutuhan zat besi harian sebesar 11 mg. Sayangnya MPASI buatan rumah saja tidak cukup karena si kecil perlu mengonsumsi makanan tertentu dalam jumlah banyak guna mendapatkan 11 mg zat besi setiap hari.

Untuk itu, Bunda perlu memberikan si kecil MPASI yang sudah difortifikasi berbagai nutrisi sebagai pelengkap kebutuhan gizi harian anak, seperti SUN. SUN diperkaya dengan Esenutri sebagai nutrisi esensial yang didalamnya terdapat berbagai gizi penting yang dibutuhkan anak. Esenutri tinggi akan zat besi, protein, zink, serta 9 vitamin, termasuk vit C & D serta 11 mineral dan serat pangan yang efektif menjaga daya tahan tubuh dan mendukung tumbuh kembang si kecil secara optimal.

SUNFoto: Dok. SUN

Tekstur buburnya pun lembut sehingga cocok untuk bayi yang baru memulai MPASI. Variannya juga banyak dijamin bayi suka! SUN 6+ kini mudah didapatkan karena tersedia di supermarket dan minimarket favorit Bunda Selain itu juga bisa didapat secara online melalui e-commerce. Jadi, tunggu apalagi Bunda, #YukKasihSUN sekarang untuk si kecil dan terus dukung tumbuh kembang optimalnya.

(akn)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!