sign up SIGN UP search


parenting

5 Daftar Universitas Swasta Termahal di RI, Ada yang Sampai Rp600 Juta Bun

Annisa Karnesyia Selasa, 07 Sep 2021 13:15 WIB
A happy graduate is hugging her friend after their graduation ceremony. She is smiling while looking at the camera. caption
Jakarta -

Universitas swasta bisa menjadi pilihan untuk menyekolahkan anak di jenjang perguruan tinggi nih, Bunda. Berbeda dengan negeri, universitas swasta biasanya mematok biaya yang cukup mahal di tiap jurusannya.

Jika Bunda memilih universitas swasta, tak ada salahnya menyiapkan rencana pendidikan sedini mungkin. Selain itu, lihat juga kesiapan anak untuk masuk ke universitas baru.

"Masa perkuliahan bisa menjadi tantangan baru yang lebih berat bagi remaja. Percaya atau tidak, banyak remaja tidak siap hidup mandiri saat masuk kuliah, termasuk dalam mengatur keuangannya," kata psikoterapis Sean Grover, L.C.S.W, dilansir Psychology Today.


Memilih universitas juga perlu persetujuan anak ya, Bunda. Jangan sampai kita memaksa anak masuk perguruan tinggi dengan jurusan yang tidak diminati buah hati.

Banner Putri Ahok dan Puput

Di Indonesia, banyak pilihan universitas swasta yang menawarkan fasilitas untuk mendukung pembelajaran. Bunda bisa mencari universitas yang sesuai dengan prestasi, bakat, atau minat anak di swasta. Sebab, kebanyakan universitas swasta menyediakan program studi yang lebih luas.

Untuk mendaftarkan anak ke universitas swasta bergengsi, Bunda harus siap dengan biaya yang sangat tinggi. Biaya pendidikan ini bisanya sepadan dengan fasilitas yang didapatkan mahasiswa, termasuk kegiatan akademik maupun nonakademiknya.

Nah, berikut 5 pilihan universitas swasta di Indonesia paling mahal biaya pendidikannya:

1. Universitas Trisakti

Universitas Trisakti menyediakan fasilitas berupa perpustakaan kampus, fakultas, jurusan, lalu laboratorium dan studio, pusat penelitian, poliklinik, bus kampus, dan lain sebagainya. Ada banyak pilihan program studi unggulan di universitas swasta ini, Bunda.

Biaya kuliah Universitas Trisakti meliputi Biaya Sumbangan Pengembangan (SP) Rp14 juta hingga Rp130 juta sesuai progran studi. Selain itu, biaya kuliah semester pertama adalah sebesar Rp33,4 juta hingga Rp332,3 juta sesuai prodi. Biaya ini terdiri dari biaya pokok semester, biaya tambahan per SKS, dan biaya praktikum

Bila dihitung, biaya untuk kuliah di Universitas Trisakti hingga lulus, kisarannya adalah Rp131,3 juta sampai Rp606 juta. Angka tersebut membuat Universitas Trisakti dikenal sebagai salah satu universitas swasta termahal di Indonesia.

Selain Universitas Trisakti, ada empat universitas swasta lain dengan biaya kuliah termahal di Indonesia. Apa saja ya, Bunda?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!