sign up SIGN UP search


parenting

34 Lagu Daerah di Indonesia, Bisa Dinyanyikan Bersama Anak di Rumah Bun

Annisa Karnesyia Kamis, 14 Oct 2021 17:07 WIB
Anak bernyanyi Ilustrasi Anak Bernyanyi/ Foto: iStock
Jakarta -

Lagu daerah bisa dikenalkan ke anak sejak usia dini ya, Bunda. Melalui lagu daerah, Si Kecil bisa mengenal beragam suku dan budaya di Indonesia.

Menyanyikan lagu daerah juga bisa jadi aktivitas menyenangkan lho. Seperti kita tahu, anak-anak kecil sangat suka bernyanyi atau bersenandung mengikuti irama musik.

"Pada saat melakukan kegiatan ini, pesan-pesan yang Bunda berikan akan lebih lama tersimpan di memori anak atau ingatan jangka panjangnya," ujar Novan Ardy Wiyani dan Barnawi, melansir dari buku Format PAUD.


Lagu daerah di Indonesia sangat banyak sekali. Bunda bisa memilih lagu mulai dari yang liriknya sederhana untuk Si Kecil.

Banner Pekerjaan Paling Dicari di Jerman

Lakukan kegiatan bernyanyi lagu daerah sebagai kebiasaan mengisi waktu anak di rumah. Bila perlu, bernyanyi lagu daerah bisa lebih menyenangkan bila diiringi musik. Kita juga dapat menirukan tarian daerah saat bernyanyi lagu bersama buah hati.

Tahukah Bunda, setiap lagu juga memiliki makna dan pesan moral yang berbeda lho. Ada yang bercerita tentang pesan orang tua ke anak, ada pula yang menceritakan kekayaan alam di suatu daerah.

Lagu daerah umumnya dinyanyikan oleh masyarakat daerah dan masuk dalam mata pelajaran kesenian di sekolah. Ciri khasnya adalah menggunakan bahasa daerah dan alat musik tradisional.

Kebanyakan lagu daerah tidak diketahui dengan jelas siapa penciptanya. Untuk itu, demi menjaga eksistensi, kita perlu melestarikan kebudayaan ini dengan mengenalkannya ke anak.

Lagu daerah di Indonesia

Nah, berikut 34 lagu daerah yang bisa dikenalkan ke anak:

1. Bungong Jempa (Aceh)

Lagu Bungong Jeumpa berasal dari Aceh. Lagu daerah ini menceritakan tentang bunga cempaka yang sangat indah di Provinsi Aceh.

2. Butet (Sumatera Utara)

Lagu Butet yang populer ini berasal dari Sumatera Utara. Kata "butet" bermakna anak perempuan.

Lagu daerah ini berisi cerita tentang pesan rindu seorang ayah kepada anak perempuannya ketika dirinya sedang mengikuti perang.

Apa lagi ya lagu-lagu daerah yang bisa dikenalkan ke Si Kecil?

TERUSKAN MEMBACA DI SINI.

Simak juga 7 motif batik Indonesia beserta maknanya, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!