sign up SIGN UP search


parenting

Serunya Bermain 5 Alat Musik Tradisional di Rumah, Mana Favorit Si Kecil?

Nanie Wardhani Kamis, 22 Apr 2021 17:07 WIB
Bamboo flute on a dark background caption

Anak-anak masih sekolah dari rumah ya, Bunda? Hal itu tentunya membuat kesempatan mereka mengeksplorasi banyak hal jadi terhambat. 

Kesempatan untuk mempelajari banyak hal di luar rumah jadi terbatas setelah setahun pandemi melanda Indonesia. Belum lagi rasa bosan yang menghinggapi Bunda dan anak-anak karena hanya menghabiskan waktu di rumah saja. 

Sebenarnya, banyak cara asyik yang bisa dilakukan untuk mengusir kebosanan tersebut, salah satunya adalah dengan belajar bermain alat musik tradisional.


Selain dapat menghilangkan penat dan rasa bosan, belajar alat musik tradisional bersama juga akan menambah keakraban antara Bunda dan Si Kecil. Bunda juga dapat mengajarkan Si Kecil tentang kecintaan terhadap budaya tradisional khas Indonesia yang perlu dijaga.

Belajar memainkan alat musik tradisional juga bisa dilakukan sebagai media untuk melatih saraf motorik pada anak. Beberapa alat musik yang bisa dipelajari untuk di mainkan, seperti :

1. Angklung

Merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Angklung juga sudah mendunia dan telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia kategori 'Tak Benda sejak November 2010' lalu. Alat musik ini terbuat dari bilah-bilah bambu yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat menghasilkan suara yang khas pada saat digoyangkan atau digetarkan.

Angklung bisa dimainkan oleh banyak orang karena satu angklung biasanya mewakili satu tangga nada saja. Nah, dengan begitu bunda bisa mengajak Si Kecil untuk ikut belajar bermain angklung. Ajak juga ayah untuk menambah semarak pembelajaran.

2. Seruling

Tidak hanya di Indonesia, beberapa negara lain di dunia juga menjadikan seruling sebagai alat musik tradisional, terutama negara-negara di Asia. Seruling tradisional terbuat dari batang bambu yang dilubangi sebagai tempat keluar masuknya udara untuk menghasilkan bunyi. Cara memainkan seruling tentu saja dengan ditiup.

Bila Bunda tidak ingin menggunakan seruling berbahan dasar bambu, kini sudah banyak seruling dengan bahan material lainnya. Versi lain dari seruling ini adalah recorder yang bisa bunda dapatkan di toko alat-alat musik konvensional.

Tidak hanya dua jenis alat musik tradisional di atas saja yang Bunda bisa perkenalkan pada Si Kecil, masih ada beberapa jenis lainnya, bisa Bunda cek di halaman berikut ya.

Simak juga yuk ide membuat permainan kreatif seperti dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



ALAT MUSIK TABUH TRADISIONAL YANG SERU DIMAINKAN BERSAMA SI KECIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!