sign up SIGN UP search


parenting

3 Ucapan Ulang Tahun Islami untuk Anak, Insya Allah Barokah Bun!

Tim HaiBunda Senin, 04 Oct 2021 12:17 WIB
berdoa caption
Jakarta -

Bertambahnya usia memang menjadi momen yang membahagiakan tidak hanya bagi orang dewasa, tetapi juga bagi anak-anak. Terlebih pada momen ulang tahun ini biasanya Si Kecil menerima hadiah dari teman ataupun saudara.

Kegembiraan Si Kecil akan makin bertambah saat momen ulang tahun tersebut dirayakan. Teman dan handai-taulan datang untuk memberikan ucapan ulang tahun islami kepadanya.

Doa Ulang Tahun Islami untuk Anak

Banner Journaling Sehatkan MentalFoto: HaiBunda/Mia

Perayaan ulang tahun yang diadakan untuk anak dijadikan sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT atas nikmat umur, rezeki, dan kesehatan yang telah diberikan. Walaupun begitu, masa pandemi COVID-19 membuat perayaan ulang tahun tidak dirayakan secara besar-besaran. Cukup dengan bisa berbagi kepada sahabat dan saudara terdekat saja, Bun.


Tapi tahukah Bunda apa yang lebih membahagiakan untuk anak selain hadiah dan perayaan? Jawabannya adalah ucapan selamat ulang tahun yang diberikan orang tua dengan tulus.

Ucapan sederhana ini bisa menjadi hal yang berarti karena anak merasa lebih diperhatikan oleh Ayah dan Bunda. Terlebih jika diselipkan doa-doa harapan yang baik untuk Si Kecil.

Jika Bunda ingin mengajarkan anak dengan cara-cara Islami, maka bisa dimulai dengan mengucapkan selamat ulang tahun dalam bahasa yang sesuai. Bunda bisa mengucapkannya secara langsung atau bisa juga dengan memberikan kartu ucapan ulang tahun islami.

Ada beberapa ucapan yang bisa Bunda ungkapkan ke anak, di antaranya adalah:

1. Yaumul Milad, Barakallahu Fii Umrik, anaku tersayang. Semoga menjadi anak soleh/solehah dan selalu mendapat perlindungan dari Allah SWT.
2. Milad Mubarok, Barakallahu Fii Umrik. Semoga selalu diberikan keberkahan dalam hidup dan tercapai apa-apa yang dicita-citakan.
3. Barakallahu Fii Umrik, Putriku sayang. Tetaplah menjadi kebanggaan Bunda dan Ayah, dan selalu menjadi pribadi yang taat kepada Allah SWT.

Tiga ucapan di atas hanyalah beberapa contoh yang bisa Bunda gunakan. Bunda juga bisa mengganti ucapan doa dengan nama Si Kecil.

Setelah kalimat Barakallahu Fii Umrik bisa diganti dengan doa-doa yang menjadi harapan orang tua untuk anak tercinta. Sedangkan makna kata 'Yaumul Milad' dan 'Milad Mubarok' artinya selamat ulang tahun.

Ungkapan 'Barakallahu Fii Umrik; yang biasa digunakan sebagai ucapan ulang tahun islami ini juga merupakan ungkapan Bahasa Arab dan memiliki arti sangat baik Bunda. Kata ini diartikan dalam Bahasa Indonesia maka akan menjadi "Semoga Allah melimpahkan keberkahan dalam pertambahan usiamu".

Seseorang yang mengucapkan kalimat tersebut memberikan doa yang sangat baik kepada orang yang sedang berulang tahun. Nah, untuk jawaban dari ucapan ulang tahun islami ini, anak bisa menjawab dengan Jazakallahu khairan yang artinya "Semoga Allah membalas kebaikanmu".

Semoga bermanfaat ya, Bunda. (PK)

Simak juga video berikut mengenai meriahnya ulang tahun anak selebgram, Tasya Farasya.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!