sign up SIGN UP search


parenting

Pengertian MPASI 4 Bintang dan 3 Manfaatnya Agar Gizi Si Kecil Terpenuhi

Tim HaiBunda Minggu, 03 Oct 2021 17:35 WIB
Ilustrasi MPASI, anak makan caption
Jakarta -

MPASI 4 Bintang merupakan tatanan menu yang dapat Bunda berikan kepada Si Kecil sebagai asupan nutrisi pendamping ASI. Tatanan ini diciptakan karena ternyata masih banyak Bunda yang bingung nih ketika harus memberikan makanan pendamping ASI.

Berikut adalah manfaat memberikan MPASI 4 Bintang untuk melengkapi gizi Si Kecil!

1. MPASI 4 Bintang jadi panduan yang tepat dan mudah untuk Bunda

Manfaat pertama yang akan Bunda rasakan adalah panduan yang tepat dan mudah dalam membuat menu sehari-hari untuk Si Kecil. Referensi menu MPASI 4 Bintang ini dibutuhkan agar Si Kecil tidak akan merasa bosan.


Banner Pria Bali Jadi Supir di Kanada Bergaji BesarFoto: HaiBunda/Mia Kurnia Sari

Hal ini juga dapat menjadi ladang pengamatan untuk Bunda mengenai makanan apa saja yang disukai Si Kecil. Dengan adanya MPASI 4 Bintang, nutrisi Si Kecil akan terpenuhi dan Bunda tidak akan merasa bimbang lagi soal menu yang harus disiapkan.

2. MPASI 4 Bintang mengandung empat unsur gizi yang harus dilengkapi

MPASI 4 Bintang dilengkapi dengan empat unsur gizi yang pada dibutuhkan manusia yaitu karbohidrat, protein hewani, sayuran/buah, protein nabati. Empat unsur gizi ini akan membantu Si Kecil tumbuh dengan baik karena syarat pertama sudah terpenuhi, yaitu gizi yang lengkap.

Karbohidrat didapatkan dari nasi ataupun oatmeal. Bisa juga Bunda oleh kentang atau jagung. Lalu protein hewani berasal dari daging ayam, sapi, dan telur. Sedangkan untuk protein nabati bisa Bunda olah dari tahu dan tempe. Khusus untuk sayur-sayuran atau buah bisa Bunda sajikan sesuai dengan tekstur yang sesuai untuk usia Si Kecil.

3. MPASI diberikan secara bertahap

MPASI 4 Bintang juga diberikan secara bertahap dan tidak langsung semua sekaligus. Ketika bayi sudah bisa makan makanan lain selain ASI yaitu pada usia 6 - 9 bulan, MPASI 4 Bintang dapat Bunda berikan sebanyak 2 - 3 sendok makan atau sekitar hingga 125ml MPASI dengan jumlah makan tiga kali sehari.

Porsi ini kemudian naik ketika anak berusia 9 - 12 bulan. Bunda dapat memberikan hingga 200 ml dengan jumlah MPASI empat kali dalam sehari dan makanan tidak perlu diblender hingga halus. Beberapa makanan bisa dipotong dalam ukuran kecil.

Akhir dari MPASI 4 Bintang adalah usia 12 - 24 bulan dengan jumlah makanan 250ml dalam sehari dan pemberian hingga empat kali. Pada usia 12 bulan, Si Kecil juga disarankan sudah bisa makan menu makanan keluarga. 

Perlu Bunda tahu bahwa memperkenalkan rasa, tekstur, dan jumlah makanan adalah salah satu tahap yang harus dilakukan agar anak bisa mendapat gizi terbaik. MPASI 4 Bintang yang teratur juga bisa mencegah terjadinya Gerakan Tutup Mulut (GTM). (PK)

Simak juga video berikut mengenai fakta dari hoaks yang tersebar mengenai hati ayam tidak cocok untuk anak. 

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!