sign up SIGN UP search

parenting

MPASI 4 Bintang, Apakah Efektif dan Masih Direkomendasikan untuk Si Kecil?

Nanie Wardhani Minggu, 31 Oct 2021 12:21 WIB
Mother feeding her baby Ilustrasi MPASI/Foto: Getty Images/iStockphoto/damircudic

Jakarta - Sudah berapa bulan nih usia Si Kecil kini, Bunda? Jika sudah menginjak usia enam bulan, berarti ia mulai membutuhkan makanan selain ASI atau yang lebih dikenal dengan makanan pendamping ASI (MPASI).

Salah satu metode MPASI yang banyak dikenal dan digunakan oleh para Bunda adalah MPASI 4 bintang. Apakah itu?


MPASI 4 Bintang dikenal sebagai menu makanan pendamping ASI yang terdiri dari 4 unsur gizi, yaitu karbohidrat, protein hewani, protein nabati, dan sayuran. 

Sampai saat ini, belum ada penelitian atau studi yang membahas mengenai efektivitas metode MPASI 4 bintang sebagai panduan memberikan MPASI untuk anak. Selain itu, baik WHO maupun IDAI juga tidak menyarankan MPASI 4 bintang sebagai menu yang diberikan pada bayi.

Untuk memastikan kecukupan gizi Si Kecil, Bunda perlu tahu mengenai aturan pemberian MPASI yang sehat dan sesuai dengan kebutuhan bayi. Jika MPASI diberikan dalam jumlah dan komposisi yang tidak tepat, bukan tidak mungkin bayi mengalami kekurangan gizi hingga tumbuh kembangnya jadi terganggu.

Nutrisi pelengkap MPASI 4 bintang

MPASI yang disarankan IDAI adalah makanan pendamping yang mengandung makronutrien, yaitu karbohidrat dan lemak sebagai sumber energi, protein hewani dan nabati, serta mikronutrien, yaitu vitamin dan mineral berupa zat besi, kalsium, zinc, vitamin C, vitamin A, dan folat.

Nah, kandungan dalam MPASI 4 bintang hanya memenuhi 4 unsur nutrisi Bunda. Padahal sumber lemak, vitamin, dan mineral juga penting untuk dimasukkan ke MPASI. Tidak hanya untuk tumbuh kembang Si Kecil, kandungan nutrisi ini juga berguna untuk mencegah berbagai penyakit.

Mengapa makanan pendamping ASI ini jadi sangat penting? seperti yang dikutip dari situs resmi UNICEF bahwa nutrisi yang baik dalam dua tahun pertama kehidupan sangat penting. Oleh karena itu, untuk tumbuh dan tetap sehat, Si Kecil membutuhkan berbagai makanan bergizi seperti daging, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, telur, buah-buahan dan sayuran, serta ASI.

Saat Si Kecil memasuki usia 6 bulan, Bunda bisa mulai memberikan makanan pendamping yang kaya energi dan nutrisi sambil terus menyusui Si Kecil hingga usia dua tahun. Jika makanan pendamping tidak diperkenalkan sekitar usia 6 bulan, atau jika diberikan secara tidak tepat, pertumbuhan bayi dapat terganggu Bunda.

Seperti dikutip dari WHO, untuk memastikan terpenuhinya kebutuhan gizi bayi, makanan pendamping ASI harus:

  • Tepat waktu, artinya diberikan saat kebutuhan energi dan nutrisi melebihi apa yang dapat diberikan melalui ASI eksklusif.
  • Memadai atau adekuat, artinya menyediakan energi, protein, dan zat gizi mikro yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi anak yang sedang tumbuh.
  • Aman, artinya disimpan dan disiapkan secara higienis dan diberi makan dengan tangan bersih menggunakan peralatan bersih, bukan botol dan dot.
  • Diberi makan dengan benar, artinya diberikan sesuai dengan sinyal nafsu makan dan rasa kenyang anak, serta frekuensi makan serta pemberian makan sesuai dengan usia.

Nah, untuk membantu menyiapkan MPASI untuk Si Kecil, Bunda bisa cek nih beberapa menu MPASI yang mudah dan praktis di halaman berikut ini.

Simak juga video tentang 3 resep MPASI dari kentang di bawah ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]



 

 

 

 

 

 

 

 

 

MENU MPASI SEDERHANA, MUDAH, DAN PRAKTIS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!