sign up SIGN UP search


parenting

3 Rekomendasi Menu MPASI 6 Bulan, Dijamin Bikin Si Kecil Doyan Makan

Tim HaiBunda   |   Haibunda Jumat, 31 Dec 2021 20:00 WIB
Ilustrasi MPASI Ilustrasi MPASI 6 bulan/ Foto: Getty Images/iStockphoto/esp2k
Jakarta -

Ketika bayi sudah menginjak usia 6 bulan, mereka akan mulai diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau biasa disingkat MPASI. Untuk memberikan MPASI, Bunda perlu mengetahui bahwa pemberian makanan ini ada baiknya jika disesuaikan dengan jadwal dan diberikan secara bertahap serta tetap harus didampingi pemberian ASI.

Pemberian MPASI saat bayi berusia 6 bulan memang direkomendasikan karena sesuai dengan kebutuhan gizi pada tumbuh kembangnya. Dalam usia tersebut, kebutuhan tubuh bayi sudah mulai meningkat dan tidak cukup jika hanya mengonsumsi ASI saja.

MPASI berfungsi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian bayi dan dengan mengonsumsi makanan yang mulai agak padat. Kemampuan bayi mengonsumsi ASI juga dapat berguna untuk melatih kemampuan otot-otot yang ada pada mulut dan kemampuan motoriknya.


Banner Denah Rumah Minimalis 3 Kamar

Berikut ini adalah rekomendasi menu MPASI 6 bulan yang dapat Bunda berikan pada bayi:

1. Bubur sayur

Menu MPASI yang satu ini memang menjadi menu makanan yang cukup mudah. Sebab menu ini memang sangat mudah untuk dibuat dan bahannya yang sederhana. Bahan yang diperlukan adalah hanya beras, wortel, bayam, dan air secukupnya.

Sedangkan cara membuatnya adalah dengan masak beras hingga menjadi bubur, masukkan wortel serta bayam yang telah diblender terlebih dahulu. Untuk kandungan protein bisa dengan menambahkan potongan dada ayam yang sudah dihaluskan.

2. Puree alpukat dan pisang

Dengan menggunakan buah-buahan yang manis dan rasanya yang enak, sudah pasti menu untuk MPASI 6 bulan yang satu ini akan disukai oleh Si Kecil. Selain itu, ada banyak kandungan manfaat dalam buah pisang dan alpukat yang berguna untuk mencegah terjadinya kejang otot.

Adapun untuk cara membuatnya adalah dengan menghaluskan buah alpukat dan pisang dengan garpu pada wadah mangkok. Lalu tambahkan air/ASI/susu formula untuk mendapatkan konsistensi puree yang halus dan cocok untuk dikonsumsi bayi 6 bulan.

3. Puree nanas

Selain menggunakan alpukat dan pisang, menu MPASI 6 bulan lain juga bisa dengan menggunakan nanas yang memiliki rasa manis serta menyegarkan. Bahan yang diperlukan untuk membuat menu MPASI yang satu ini juga sangat sederhana, yaitu hanya buah nanas yang sudah dipotong atau buah nanas beku dan yoghurt plain.

Cara membuatnya yaitu hanya dengan blender potongan nanas, kemudian campurkan dengan yoghurt plain. Bunda bisa mencicipinya terlebih dahulu ya jika rasanya masih terlalu asam untuk bayi 6 bulan, maka bisa ditambahkan buah pisang ke dalamnya agar memberikan rasa manis. Dengan dibuatnya puree nanas ini, menu untuk MPASI 6 bulan dijamin akan sangat terasa lezat. (PK)

Simak juga video berikut mengenai finger food yang ternyata bermanfaat sebagai camilan bayi.

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!