sign up SIGN UP search


parenting

10 Manfaat Tumbuhan bagi Manusia, Bunda Bisa Jelaskan ke Si Kecil

Dewi Ratna Senin, 04 Oct 2021 18:05 WIB
Ilustrasi ibu dan anak menanam tanaman hias caption

Tak hanya indah dipandang sebagai hiasan di rumah atau tumbuh di halaman saja, tapi banyak juga manfaat tumbuhan bagi manusia. Nah, bagi Bunda yang mengoleksi tanaman hias penting mengetahui informasi berikut.

Selain itu Si Kecil juga mungkin sering bertanya-tanya kenapa Bunda banyak mengoleksi tanaman hias. Bunda bisa jelaskan kepada anak bahwa ada banyak manfaat tumbuhan bagi manusia.

Apa saja? Berikut manfaat tumbuhan bagi manusia yang bisa Bunda jelaskan kepada Si Kecil dikutip dari berbagai sumber.


1. Membantu meningkatkan konsentrasi dan memori

Berada di sekitar tanaman membantu orang untuk lebih mudah berkonsentrasi, baik di rumah maupun tempat kerja. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pekerjaan yang dilakukan di bawah pengaruh alam yang menenangkan, membuahkan hasil lebih memuaskan, dengan akurasi yang lebih tinggi, serta kualitas yang baik.

Selain itu, berada di luar ruangan, di lingkungan yang alami, akan meningkatkan kinerja memori dan rentang fokus hingga 20 persen daripada di dalam ruangan. Memelihara tanaman hias di rumah atau tempat kerja pun punya manfaat yang sama, meningkatkan retensi memori dan konsentrasi.

2. Membuat bahagia

Bunga bisa membuat hati bahagia. Memiliki bunga di sekitar rumah atau ruang kerja bisa meningkatkan suasana hati seseorang, dan mengurangi kemungkinan depresi terkait stres. Bunga dan tanaman hias meningkatkan energi positif serta membantu orang merasa aman dan santai.

Manfaat tumbuhan bagi manusia, dapat membantu Bunda mendapatkan kembali rasa optimis tentang pandangan hidup. Memiliki bunga atau tanaman hias memberi stimulasi visual yang menyenangkan dan membantu meningkatkan kebahagiaan yang dirasakan.

3. Manfaat kesehatan dan rekreasi

Adanya taman dan ruang terbuka hijau di kota bisa berdampak pada kesehatan masyarakat, sekaligus menjadi sarana rekreasi yang murah, atau malah gratis, untuk mereka. Ada manfaat tumbuhan bagi manusia yang berupa hubungan positif antara keberadaan tumbuhan dengan tingkat aktivitas fisik manusianya.

Kehadiran taman di lingkungan sekitar tempat tinggal atau tempat kerja mendorong masyarakat untuk lebih giat berolah raga, sehingga kondisi fisik pun meningkat. Dengan begitu, akan memungkinkan manusia untuk lebih menikmati hidup mereka juga.

4. Mempercepat proses penyembuhan

Keberadaan tanaman di ruang pemulihan pasien di rumah sakit ternyata dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Ini jadi salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia yang luar biasa. Efek menenangkan dari bunga dan tanaman hias memang begitu hebat.

Teknik lain untuk mempercepat proses penyembuhan adalah terapi hortikultura, di mana pasien merawat tanamannya sendiri. Pasien yang berinteraksi secara fisik dengan tanaman akan mengalami pengurangan waktu pemulihan yang signifikan setelah prosedur medis.

5. Meningkatkan Kualitas Hubungan dan Kasih Sayang

Seperti dilansir dari Elisson Chair, penelitian menunjukkan bahwa orang yang menghabiskan waktu lama di sekitar tanaman cenderung memiliki hubungan yang lebih baik dengan orang lain. Ini disebabkan karena peningkatan yang terukur pada perasaan kasih, salah satu efek lain dari paparan tanaman hias di sekitarnya.

Dalam penelitian, manfaat tumbuhan bagi manusia yang menghabiskan lebih banyak waktu di sekitarnya adalah mereka jauh lebih mungkin untuk punya keinginan membantu orang lain. Seringkali orang-orang ini juga memiliki hubungan sosial yang lebih maju. Orang yang peduli terhadap alam cenderung juga peduli pada orang lain

6. Meningkatkan kinerja dan energi

Manfaat tumbuhan bagi manusia juga dapat meningkatkan kinerja atau energi. Menghabiskan waktu di lingkungan yang alami membuat orang bisa melakukan pekerjaan mereka dengan lebih baik. Hal ini juga meningkatkan energi dan vitalitas.

Lingkungan yang alami mendorong pandangan hidup yang positif, membuat orang merasa lebih hidup dan aktif. Ketika orang mengalami peningkatan kekuatan, mereka mendapatkan lebih banyak hal positif dari dalam diri mereka sendiri, dan energi dalam menyelesaikan pekerjaan mereka.

7. Membantu belajar lebih baik

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang menghabiskan waktu di sekitar tanaman bisa belajar lebih baik. Selain itu, berada di sekitar lingkungan alam juga bisa meningkatkan kemampuan anak dengan Attention Deficit Disorder untuk bisa lebih fokus, konsentrasi, dan terlibat dengan lingkungan sekitar.

Salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia yang ini perlu Bunda ketahui, karena tanaman hias kondusif untuk menghasilkan lingkungan belajar yang positif, mengurangi kecenderungan anak-anak terhadap gangguan, dan membantu mereka konsentrasi pada pelajaran atau tugas sekolah.

8. Sebagai obat

Masih dilansir dari Elisson Chair, salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia yang lebih jelas adalah khasiat obat yang terkandung di dalamnya. Obat herbal alami adalah adalah metode sederhana dan holistik untuk mengobati penyakit pada umumnya.

Beberapa obat herbal bisa dibuat di rumah, dan bisa jadi cara alami untuk mengobati keluhan ringan. Dengan membudidayakan tanaman, pengetahuan tentang alam bakal bisa terus berkembang, sehingga manusia bisa mempersenjatai diri dengan lebih banyak pertahanan terhadap penyakit dan infeksi.

9. Pengaruh baik untuk kesehatan mental

Mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu di alam, punya pandangan hidup yang jauh lebih positif daripada orang yang menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan. Berkomunikasi dengan alam meningkatkan semangat dan energi, sehingga menjadi efek positif yang besar pada kesehatan mental secara keseluruhan.

Orang-orang yang menghabiskan waktu di luar ruangan dengan suasana alam di sekitarnya, cenderung tidak mengalami depresi atau stres. Dengan manfaat tumbuhan bagi manusia yang punya banyak waktu untuk menikmatinya, maka akan lebih sedikit beban kesehatan mental yang mungkin terjadi.

10. Memperbaiki kualitas hidup

Pemandangan alam yang indah tak hanya meningkatkan estetika semata, tapi juga memengaruhi kualitas hidup orang-orang yang berada di sekitarnya. Itulah salah satu manfaat tumbuhan bagi manusia, di mana orang-orang yang tinggal di daerah dengan lebih banyak keindahan alam punya kualitas hidup yang lebih baik.

Dengan kualitas hidup yang baik, pada akhirnya penduduk jadi lebih mampu dan mudah mengeluarkan uang, yang secara positif bisa memengaruhi perekonomian dan kondisi sosial lingkungan, serta dapat menarik bisnis baru. Well, pada akhirnya lanskap yang indah jadi penting dalam kesuksesan dan kebahagiaan individu maupun publik.

Nah, itulah 10 manfaat tumbuhan bagi manusia, dari penelitian, yang kebanyakan berpengaruh secara mental. Selain itu, tumbuhan juga dapat meningkatkan kualitas udara yang kita hirup sehari-hari, sehingga kesehatan secara fisik pun jadi lebih baik.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!