parenting

Cara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah Dilakukan

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 29 Oct 2019 18:30 WIB
Cara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah Dilakukan
Jakarta - Fokus dan konsentrasi diperlukan banget oleh orang dewasa dan anak-anak dalam melakukan sesuatu. Misalnya pada anak, fokus ketika belajar diperlukan agar mereka bisa menyerap pelajaran yang didapat. Kadang, orang tua pun bertanya gimana cara membuat anak fokus belajar?

Sebelum mencari tahu cara mengajari anak yang tidak fokus, Bunda perlu tahu dulu apa yang bikin anak enggak fokus atau berkonsentrasi. Pakar edukasi Bob Cunningham, EdM, mengatakan anak-anak gampang terdistraksi. Ketika belajar lantas ada suara teman yang sedang tertawa, dia bisa gagal fokus.

Maka dari itu, Cunningham menekankan kepada orang tua, sebelum mencari info soal cara meningkatkan konsentrasi belajar siswa, ketahui dulu apa akar masalah anak susah fokus. Kata Cunningham, punya masalah dengan fokus bukan berarti anak bermasalah, meskipun kegiatan di sekolah dan di rumah bisa terganggu gara-gara anak enggak fokus.


"Ketika hendak melatih fokus anak 2 tahun misalnya, orang tua biasanya melihat hasil dari pekerjaan anak, bukan perilakunya. Sehingga, bisa saja si anak dianggap malas atau membangkang," ujar Cunningham dilansir Understood.

Cara mengajari anak yang tidak fokus, salah satunya yang bisa Bunda lakukan adalah memperhatikan apakah anak banyak kegiatan hari itu. Sehingga, mereka enggak menyelesaikan PR-nya. Atau, bisa saja kamar berpengaruh bagi mereka, misalnya berantakan.

Maka dari itu, Bunda bisa menyuruh anak membereskan kamarnya dan jika mau Bunda bisa membantunya. Sehingga, cara meningkatkan konsentrasi belajar siswa bisa Bunda terapkan juga di rumah. Cunningham menegaskan, tidak fokus bukan berarti anak enggak mau bekerja keras atau tidak pandai. Jadi, Bunda jangan langsung berpikir apa terapi anak kurang konsentrasi yang bisa dilakukan?

"Bisa jadi anak enggak tertarik dengan yang dia lakukan. Mungkin juga anak ingin bisa belajar fokus tapi dia enggak bisa mengelola atau mengatur fokusnya," tambah Cunningham.

Cara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah DilakukanCara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah Dilakukan/ Foto: iStock
Sebelum menerapkan cara meningkatkan konsentrasi siswa belajar, orang tua bahkan pendidik harus tahu dulu penyebab anak sulit fokus. Kata Cunningham, ada berbagai penyebab anak susah fokus yaitu:

1. Sulit mengetahui kapan harus fokus pada hal-hal kecil dan hal-hal besar
2. Gampang terganggu dengan pemandangan, suara, atau informasi
3. Harus fokus tanpa ada distraksi
4. Susah konsentrasi pada satu aktivitas
5. Sulit mengikuti arahan
6. Susah tetap berkomunikasi

"Kadang, anak susah fokus karena ada sesuatu yang mengganggunya saat itu. Misalnya teman yang berkelahi atau terlalu semangat ketika di pesta ulang tahun teman. Selain itu, lapar juga bisa bikin anak susah fokus, kemudian kurang tidur," kata Cunningham.

Selain itu, stres dan cemas juga bisa bikin mereka tertekan. Sehingga, anak susah berkonsentrasi dan fokus pada sesuatu. Misalnya, kematian anggota keluarga, kata Cunningham bisa bikin anak susah fokus. Dia mengingatkan, ketika anak susah fokus, bisa jadi ada masalah di baliknya, misalkan ADHD atau attention deficit hyperactivity disorder.

Cara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah DilakukanCara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah Dilakukan/ Foto: iStock
Jika si kecil susah fokus, Bunda bisa melakukan observasi dengan memberi catatan apa problem yang dialami anak. Kemudian, Bunda bisa berkonsultasi dengan guru di sekolah atau dokter maupun psikolog untuk menemukan cara tepat berupa terapi anak kurang konsentrasi.

"Cara melatih konsentrasi anak usia 6 tahun misalnya, orang tua bisa menemukan cara menyenangkan dan sederhana untuk membuat mereka lebih fokus, mencari kesulitan anak yang bikin susah fokus, berbagi dengan guru agar orang tua bisa menerapkan beberapa tips," papar Cunningham.

Jangan lupa, Bun, pastikan ke anak bahwa tak perlu malu ketika mereka enggak bisa fokus. Yakinkan si kecil bahwa semua orang punya keterbatasan dalam melakukan sesuatu. Sehingga, anak tetap prcaya diri dalam melakukan sesuatu.

Nah, bila Bunda punya anak usia Sekolah Dasar, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan sebagai cara melatih konsentrasi anak 7 tahun atau lebih:

1. Sempatkan waktu untuk anak berlatih fokus

Psikolog klinis Jamie Howard, PhD, mengatakan sempatkan waktu untuk melatih anak fokus. Di usia 4 - 5 tahun, anak biasanya bisa berkonsentrasi selama 5 - 20 menit di satu objek atau satu aktivitas.

2. Lakukan satu hal di satu waktu

"Kita bisa saja lebih menghargai ketika anak bisa melakukan banyak tugas dalam satu waktu. Tapi, penelitian dengan jelas menyebutkan multitasking bisa mengurangi konsentrasi dan kinerja kita. Untuk itu, agar anak konsentrasi, minta dia lakukan satu hal dalam satu waktu dan setelah selesai baru dia bisa menyelesaikan pekerjaan yang lain," papar Howard dilansir PBS.

3. Buat lingkungan nyaman

Fokus umumnya dibutuhkan anak saat belajar atau mengerjakan PR. Maka dari itu, coba ciptakan lingkungan yang nyaman buat anak belajar. Beri anak meja belajar yang nyaman dengan penerangan cukup. Kemudian, ciptakan suasana sunyi dengan mematikan TV, HP, bahkan laptop.

"Di usia sekolah dasar, orang tua masih perlu mengawasi anak agar mereka bisa fokus dan menyelesaikan tugasnya. Tapi, seiring bertambahnya usia anak, biarkan mereka mengatur waktunya sendiri. Orang tua hanya perlu memberi masukan atau saran ketika dirasa ada hal yang kurang cocok," papar Howard.

Cara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah DilakukanCara Membuat Anak Fokus Belajar, Simpel dan Mudah Dilakukan/ Foto: iStock
4. Beri waktu istirahat

Fokus bisa mengurangi energi. Untuk itu, agar anak enggak terlalu lelah, Howard menyarankan beri mereka waktu istirahat, terutama setelah mengerjakan PR. Dengan kata lain, memberi merea istirahat sejenak bisa jadi ice breaking dan isi ulang energinya.

Kata Howard, anak usia SD bisa Bunda kasih waktu istirahat dengan memberinya snack atau bermain sejenak. Sedangkan, anak remaja bisa beristirahat dengan melakukan hal yang dia suka, bukan tak mungkin mereka mengecek sosial medianya, Bun.

5. Latihan pernapasan

Kata Howard, melatih pernapasan bisa jadi cara membuat anak fokus dalam mengerjakan hal atau tugas yang sulit. Dengan menarik napas panjang dan tenang, dekat jantung menurun dan pikiran jadi lebih jelas. Menurut Howard, kemampuan ini penting banget dimiliki anak, terutama sebagai cara membuat anak fokus, ketika melakukan hal-hal sulit.

"Tugas atau sesuatu yang sulit bisa bikin anak cemas. Nah, menarik napas panjang dan teratur bisa menenangkan pikiran anak. Sehingga, mereka bisa lebih relaks dan santai dalam mengerjakan tugasnya," kata Howard.

6. Bagi tugas besar jadi beberapa bagian

Ini adalah strategi lain untuk membuat anak fokus. Misalnya mengajari anak mengikat tali sepatu. Di awal, Bunda bisa mengajari mereka mengikat beberapa tali. Kemudian, perlahan minta mereka menambah jumlah tali yang mesti diikat. Atau, buat pula tenggat waktu bagi anak dalam melakukan satu pekerjaan.

"Misalnya ibu memberi buku tentang binatang. Beri anak waktu 15 menit untuk membaca salah satu bagian, kemudian minta ia menuliskan hal-hal seputar binatang itu," kata Howard.

7. Praktik observasi

"Kadang, anak bisa terdistraksi dari diri sendiri. Maksudnya, internal stimulus seperti reaksi tubuh dan imajinasi sesuatu yang luar biasa bisa mengganggu fokus mereka. Bila begitu, tegur anak dengan bilang bahwa orang tua bisa mengira apa yang dipikirkan anak bukan hal yang sedang dibahas kala itu," ucap Howard.

Bunda pengen banget hamil anak kembar? Simak juga cara membuat anak kembar di sini, Bun

Manfaat anak main di playground bisa dilihat di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi