sign up SIGN UP search


parenting

Contoh Hewan Mamalia dan 10 Ciri-cirinya, Bunda Bisa Perkenalkan ke Si Kecil

Nanie Wardhani   |   Haibunda Jumat, 05 Nov 2021 20:10 WIB
Ilustrasi ibu anak baca buku caption

Apakah Bunda dan Si Kecil memelihara hewan peliharaan seperti kucing atau anjing di rumah? Jika iya, apakah Bunda tahu jenis hewan apa kah kucing dan anjing peliharaan Bunda dan Si Kecil itu?

Ya benar, Bunda, kucing dan anjing adalah sejenis hewan mamalia, Bunda. Kucing dan anjing adalah hewan mamalia yang paling banyak dan paling mudah ditemui di mana saja bahkan di rumah Bunda sendiri ya. 

Jika Si Kecil belum memahami mengenai hewan mamalia, bisa nih Bunda bantu jelaskan kepada Si Kecil. Untuk lebih jelasnya mengenai hewan mamalia dan contohnya, simak artikel berikut ini ya, Bunda.


Apa sih sebenarnya hewan mamalia itu? Dikutip dari Pendidikan ID, hewan mamalia adalah hewan yang memiliki kelenjar susu, sehingga bisa menyusui anaknya. Selain memiliki kelenjar susu, ciri-ciri hewan mamalia lainnya yaitu hewan mamalia mengalami hamil dan melahirkan anaknya, bernapas menggunakan paru-paru, memiliki tulang belakang dan memiliki anggota gerak. Hewan mamalia juga biasanya memiliki rambut yang menutupi seluruh tubuh, kecuali untuk hewan air.

Sementara dikutip dari Gramedia, kata mamalia merupakan ciptaan dari Carl Linnaeus. Mamalia berasal dari bahasa latin ‘mamma’ yang memiliki arti puting. Kata ini pertama kali dikemukakan pada tahun 1758. Hewan mamalia dikenal dan disebut sebagai hewan menyusui karena mamalia menyusui anak-anaknya.

Mamalia memiliki kelenjar susu sebagai sumber makanan. Sebagian besar mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan anak-anaknya, namun ada beberapa mamalia yang tidak melahirkan, atau bertelur. Mamalia jenis ini disebut dengan monotremata, yaitu memiliki kelenjar susu, namun tidak memiliki puting. Maka dari itu monotremata ini masih digolongkan mamalia.

Ciri-ciri hewan mamalia

Berikut adalah ciri-ciri mamalia yang membedakannya dengan spesies lainnya, Bunda.

  1. Mempunyai kelenjar susu.
  2. Mempunyai tulang belakang (vertebrata).
  3. Mempunyai anggota tubuh untuk bergerak seperti berenang, berlari dan memegang sesuatu.
  4. Mempunyai rambut untuk menutupi seluruh tubuhnya.
  5. Mempunyai kuku atau cakar di bagian jarinya. kuku atau cakar ini berguna untuk memanjat atau memegang makanan.
  6. Mempunyai jenis gigi berbeda, gigi taring, gigi seri dan gigi geraham.
  7. Mempunyai alat pernapasan paru-paru.
  8. Mempunyai organ jantung yang terbagi dengan dua serambi dan dua bilik.
  9. Kebanyakan berkembang biak dengan melahirkan (vivipar) ada juga yang berkembang biak dengan bertelur (ovovivipar)
  10. Mempunyai tempat untuk perkembangbiakkan embrio yaitu uterus.

Hewan mamalia bisa ditemui dengan mudah di sekitar manusia. Salah satunya yaitu anjing dan kucing, dua jenis hewan mamalia yang paling akrab dengan manusia. Kucing dan anjing mengalami hamil, melahirkan dan menyusui anaknya.

Kucing dan anjing juga bernapas dengan paru-paru, memiliki tulang belakang, memiliki empat kaki anggota gerak dan tubuhnya ditutupi oleh rambut. Contoh hewan mamalia lainnya yaitu kuda, sapi, kera, beruang, kanguru, koala dan serigala. Ada juga hewan mamalia yang hidup di air seperti lumba-lumba dan paus. Sedangkan kelelawar adalah contoh hewan mamalia yang bisa terbang.

Ilustrasi hewan mamalia lumba-lumbaIlustrasi hewan mamalia lumba-lumba/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Ig0rZh

Contoh hewan mamalia yang hidup di Indonesia

Selain anjing dan kucing, masih banyak contoh hewan mamalia lainnya yang ada banyak di Indonesia, Bunda. Persebaran fauna termasuk mamalia di Indonesia bagian barat dan tengah dibatasi oleh garis Wallace. Garis Wallace melewati Selat Lombok dan lurus sampai ke Selat Makassar, seperti dikutip dari buku Ilmu Pengetahuan Sosial (Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi) untuk Kelas VII SMP oleh Mamat Ruhimat, Nana Supriatna, dan Kosim.

Mamalia yang hidup di Indonesia bagian barat

Wilayah fauna Indonesia bagian barat meliputi Sumatra, Jawa, Bali, Kalimantan, serta pulau-pulau kecil di sekitarnya. Region fauna Indonesia bagian barat sering disebut wilayah fauna Tanah Sunda. Fauna Indonesia bagian barat disebut juga fauna Asiatis.

Contoh hewan mamalia di Indonesia bagian barat antara lain gajah, harimau sumatra, badak bercula satu, tapir, rusa, beruang madu, banteng, kerbau, monyet, orang utan, macan, tikus, bajing, kijang, kelelawar, landak, babi hutan, kancil, dan kukang.

Mamalia yang hidup di Indonesia bagian tengah

Wilayah fauna Indonesia bagian tengah disebut juga wilayah fauna kawasan Wallacea. Kawasan Wallacea adalah wilayah peralihan antara fauna Asiatis dan fauna Australis.

Kawasan Wallacea terdiri atas Pulau Sulawesi dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, Kepulauan Nusa Tenggara, Pulau Timor, dan Kepulauan Maluku.

Contoh hewan mamalia yang ada di kawasan Wallacea yaitu: anoa, babi rusa, kuskus, monyet hitam, tarsius, kuda, sapi, dan banteng.

Demikian informasi singkat mengenai hewan mamalia beserta contoh-contohnya Bun yang bisa Bunda ajarkan kepada Si Kecil. Selamat belajar bersama, Bunda.

 

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!