sign up SIGN UP search

parenting

Rasa Gemas hingga Ingin Gigit Bayi Bisa Jadi Cara Jitu Lepaskan Stres Lho

Bella Barliana Jumat, 05 Nov 2021 15:20 WIB
happy family mother playing and hug with newborn baby  in bed Ilustrasi bayi menggemaskan/Foto: Getty Images/iStockphoto/evgenyatamanenko

Jakarta - Ih, gemas banget sih! Pernahkah Bunda merasa sangat gemas ketika melihat bayi, hingga ingin menggigit pipi, perut, atau tangannya? Tenang, Bunda enggak sendirian kok. Hampir semua Bunda mungkin pernah merasakannya dan ini adalah hal yang normal, lho.

Keinginan untuk menggigit bayi didukung oleh evolusi biologi dan banyak penelitian yang menunjukkan bahwa ini tak hanya normal, tetapi juga sehat. Dilansir dari Times of India, ternyata dorongan ini sering disebut dengan cute aggression, yang sudah ada sejak zaman nenek moyang kita.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan psikologi Universitas Yale, keinginan untuk menggigit sesuatu yang menurut kita sangat lucu sebenarnya adalah reaksi neurokimiawi. Dorongan ini merupakan bagian dari mekanisme ikatan evolusioner yang menandakan emosi positif dan keterikatan yang sehat.


Tak hanya itu, dorongan ini juga membantu Bunda mengurangi tingkat stres, dengan melepaskan energi yang terpendam dan emosi yang berlebihan. Wah, makin gemas ingin gigit Si Kecil, nih. Tapi hati-hati ya, Bunda jangan sampai melukainya.

Tahukah, Bunda? Bayi memang terlahir untuk membuat setiap orang yang melihatnya merasa jatuh cinta, Bunda. Bentuk fisiknya yang lucu dengan pipi tembem dan paha kecil montok mungkin membuat Bunda ingin merawatnya dan merasa sangat menyayangi hingga ingin memakan bayi.

Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021/ Foto: HaiBunda/Mia

Pada 2015, ada dua penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa psikologi pascasarjana di Clark Relationship Lab di Universitas Yale, yakni Oriana Aragon dan Rebecca Dyer. Pada studi pertamanya, peserta penelitian ditunjukkan gambar bayi yang sangat imut sehingga membuat mereka kewalahan dengan perasaan positifnya sampai-sampai ingin memakannya.

Seperti yang diharapkan, peserta penelitian memiliki perasaan lebih positif saat melihat foto bayi yang lebih imut daripada saat melihat foto bayi yang kurang imut.

“Ketika seseorang melihat sesuatu yang sangat lucu, orang itu akan memiliki reaksi positif yang tinggi. Perasaan ini menjadi luar biasa, dan biasanya diekspresikan dalam beberapa cara seperti menggertakkan gigi, mengepalkan tangan, dan mengatakan, 'Aku ingin memakanmu’,” kata pemimpin peneliti, Oriana Aragon.

Klik baca halaman berikutnya yuk, Bunda

Simak juga yuk video tentang cara membuat sepatu bayi, lucu banget Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right
RASA GEMAS HINGGA INGIN GIGIT BAYI BISA MEMBANTU MENYEIMBANGKAN EMOSI BUNDA
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!