sign up SIGN UP search


parenting

3 Cerita Dongeng Indonesia dengan Pesan Moral Terbaik untuk Si Kecil

Tim HaiBunda Minggu, 07 Nov 2021 07:05 WIB
Pagelaran Drama Musikal 'Timun Mas' digelar selama dua hari, Sabtu (29/6) dan Minggu, (30/6) di Istora Senayan Jakarta. Acara yang di dukung oleh Djarum Apresiasi Budaya itu memberikan pertunjukan cerita rakyat yang dibalut dengan unsur drama, opera, orkestra serta multimedia yang canggih. File/detikFoto. Ilustrasi cerita dongeng legenda/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Apakah Bunda sering membacakan kisah dongeng atau legenda untuk Si Kecil? Kalau iya, alangkah baiknya jika Bunda lanjutkan kebiasaan tersebut. Apalagi, Bunda bisa membacakan cerita legenda atauĀ dongeng bahkan Si Kecil masih dalam kandungan.

Ada begitu banyak pilihan cerita legenda dengan pesan moral penting yang bisa Bunda dan Ayah ceritakan kepada anak. Jadi, ceritanya tak hanya menghibur tapi juga sarat makna.

Dan, berikut ini adalah tiga cerita dongeng legenda yang bisa Bunda dan Ayah bacakan kepada Si Kecil. Adakah yang sudah Bunda bacakan kepadanya?


Banner 7 Warna Cat Rumah Terpopuler 2021Foto: HaiBunda/Mia


Malin Kundang

Ini adalah cerita rakyat dari Sumatera Barat yang mengisahkan seorang anak laki-laki bernama MalinĀ Kundang yang lahir dari seorang perempuan miskin. Begitu dewasa, Malin merantau dan kembali menjadi orang kaya bersama seorang istri.

Hanya saja karena merasa malu dengan masa lalunya yang miskin, Malin berbohong kepada istri dan mengaku sebagai anak keluarga bangsawan. Malin takut kebohongannya terkuak saat sang Ibu menemuinya di pelabuhan.

Ia akhirnya menolak mengakui sang Ibu, malah menendangnya dan menghardik dengan kasar. Akibat perbuatannya tersebut, Malin kemudian dikutuk menjadi batu oleh ibunya. Konon, patung batu Malin tersebut masih ada dan bisa dilihat sampai sekarang.

Nah, pesan moral yang bisa Bunda dan Ayah sampaikan kepada anak adalah menghormati orang tua. Penting juga untuk jangan bersikap durhaka, apalagi kepada Bunda.

Bawang Merah dan Bawang Putih

Cerita legenda yang satu ini menceritakan soal dua saudara perempuan, namun memiliki kepribadian yang bertolak belakang. Mereka berdua tinggal dengan ibu Bawang Merah, yang menikah dengan ayah Bawang Putih.

Bawang Merah adalah anak yang sombong, mudah iri, dan pemalas. Si bu tiri memiliki sifat yang tidak jauh berbeda dari anak kesayangannya itu. Sementara Bawang Putih adalah anak yang rajin, jujur, dan rendah hati.

Kerendahan hati Bawang Putih membawa berkah ketika ia menemukan kain yang hanyut di sungai. Saat dikembalikan, ternyata kain tersebut adalah milik seorang kakek baik hati yang memberikan Bawang Putih labu besar berisi perhiasan dan emas.

Bawang Merah merasa iri hati lalu mencoba melakukan hal yang sama. Ia menghanyutkan kain dan bertemu dengan kakek yang sama. Namun, si kakek tahu sifat asli Bawang Merah dan memberikannya labu besar berisi ular dan reptil lainnya.

Dalam cerita ini, pesan moral yang bisa Bunda sampaikan kepada buah hati adalah menjadi seorang pribadi yang bersifat seperti Bawang Putih. Sebab, kebaikan hati akan membawa manfaat bagi kehidupan.

Timun Mas

Dongeng Timun Mas adalah cerita rakyat dari Jawa Tengah. Cerita ini mengisahkan soal Timun Mas, seorang anak perempuan cantik yang lahir dari timun berwarna emas, yang ditanam oleh Mbok Srini. Rupanya, Mbok Srini memimpikan seorang raksasa yang memberikan petunjuk untuk menanam biji timun.

Sang Raksasa juga memerintahkan Mbok Srini untuk menyerahkan anak yang lahir dari timun emas tersebut kepadanya suatu hari nanti setelah anak tersebut tumbuh besar. Sebab, Sang Raksasa berniat untuk menyantapnya. Tentu saja Mbok Srini dan Timun Mas menolak melakukannya.

Beruntung Timun Mas berhasil mengalahkan si raksasa dan menyelamatkan dirinya, sehingga ia dan Mbok Srini tetap bisa hidup dengan bahagia. Hal ini bisa jadi pelajaran bagi anak agar tidak pernah menyerah dan terus bekerja keras selama hidupnya.

Itulah contoh tiga cerita legenda yang bisa Bunda dan Ayah ceritakan kepada buah hati. Dari masing- masing cerita tersebut, ada pesan moral yang pasti bermanfaat bagi Si Kecil. (PK)

Simak juga video berikut mengenai cara membuat ubur-ubur dari bahan sederhana, ikuti yuk Bun!

(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!