sign up SIGN UP search

parenting

Bunda, Ketahui 5 Arti Bunyi Tangisan Bayi dan Cara Menenangkannya

Meita Fajriana Sabtu, 13 Nov 2021 15:01 WIB
Close up of unrecognizable young mother with her crying newborn baby son in sling at home Ilustrasi bayi menangis/Foto: iStock

Jakarta - Mungkin masih banyak Bunda yang belum menyadari bahwa tangisan bayi merupakan cara Si Kecil untuk berkomunikasi. Lewat tangisan, mereka ingin menyampaikan keinginannya, bisa saja bayi haus, popoknya basah, atau merasa kepanasan.

Untuk itu, ada baiknya selain menenangkan Si Kecil saat ia menangis, Bunda juga mencari tahu apa arti tangisan tersebut agar dapat mengerti dan memberikan apa yang dibutuhkan bayi. 

Melansir dari laman WhattoExpect, bayi cenderung memiliki tangisan yang berbeda untuk mengekspresikan kebutuhan atau emosi yang berbeda. Meskipun bayi belum bisa berbicara, ia mampu memberi petunjuk agar Bunda bisa paham apa yang ia komunikasikan.


Karena bayi tidak bisa memberi tahu apa yang dibutuhkannya melalui ucapan, akhirnya dia mengandalkan serangkaian rengekan, tangisan, dan jeritan untuk mendapatkan perhatian orang tua mereka.

"Bayi berkomunikasi lewat tangisan. Tapi semua tangisan tidak diciptakan sama. Inilah tantangan untuk orang tua dan pengasuh agar dapat mempelajari dan memecahkan kode berbagai jenis tangisan bayi baru lahir," kata Jesil Pazhayampallil dokter anak yang berbasis di New York dikutip dari laman WhattoExpect, Kamis (11/11). 

Nah, yuk Bunda cari tahu apa sajakah arti tangisan bayi. Berikut artinya dilihat dari jenis suara yang dikeluarkan Si Kecil Bunda, dilansir dari laman PetitJourney. 

1. "Neh" - Lapar

Seorang bayi menggunakan refleks suara, "Neh," untuk memberi tahu Bunda bahwa mereka lapar. Suara tangis ini dihasilkan ketika refleks mengisap muncul dan lidah didorong ke atas langit-langit mulut.

Biasanya bayi juga mencoba untuk mengisap tangan mereka atau mencari payudara Bunda. Sinyal lapar juga bisa Bunda ketahui jika bayi mulai menangis dengan berirama dan intens. Seperti halnya semua tangisan, semakin cepat Bunda memberikan perhatian pada bayi, semakin cepat ia akan tenang. 

Banner Ricky Soebagdja dan istri

2. "Eh" - Ingin bersendawa

Refleks suara, "Eh," berarti bayi perlu bersendawa. Sendawa disebabkan gelembung udara besar yang terperangkap di dada. Bayi merespons ini dengan suara "Eh" dalam upaya untuk melepaskan udara yang terperangkap melalui mulut mereka.

Ekspresi wajah yang sedih, menggeliat, menendang kaki, menggoyangkan lengan, dan menggerakkan pinggul adalah indikasi bahwa bayi Bunda perlu bersendawa. 

Bayi biasanya berpaling ketika Bunda menawarkan payudara yang lain atau botol lagi. Tangisan bayi ini menjadi arti bahwa mereka sedang tidak dalam posisi nyaman. Gendong bayi dalam posisi tegak lalu Bunda bisa sandarkan pada bahu dan tepuk lembut punggungnya.

Simak arti tangisan lain di halaman berikutnya yuk Bunda.

Simak juga video tentang 7 tahapan perkembangan bayi 1 bulan di bawah ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



5 ARTI TANGISAN BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!