sign up SIGN UP search


kehamilan

Penyebab Ibu Hamil Lebih Cengeng seperti Lesti Kejora, Ternyata Berbeda Tiap Trimester

Nanie Wardhani   |   Haibunda Selasa, 02 Nov 2021 19:23 WIB
Depression And Pregnancy. Pregnant Lady Crying Covering Face With Hands Sitting On Sofa At Home. caption

Jakarta - Apakah Bunda saat ini sedang hamil dan merasa kok jadi mudah sekali menangis? Kalau iya, berarti Bunda tidak jauh berbeda seperti Lesti Kejora yang sedang hamil anak pertamanya nih.

Lesti Kejora mengakui, ia menjadi lebih sensitif kala mengandung buah hati pertamanya dengan RizkyBillar. "Jadi, semakin dibercandain semakin nangis, kalau Dede," tutur Lesti Kejora, dikutip dari kanal YouTubeRans Entertainment, Minggu (10/10/2021). "Semakin diceng-cengin, semakin nangis. Kesal," ungkapnya lagi.

Sebenarnya mengalami perubahan emosi yang sangat drastis di saat hamil memang bukan hal yang aneh, ini biasa terjadi. Tapi kira-kira apa ya penyebabnya? Yuk simak penyebab ibu hamil menjadi lebih cengeng, sesuai dengan usia kandungannya seperti dilansir dari Healthline berikut ini.


Mudah menangis di trimester pertama

Setiap kondisi ibu hamil memang berbeda, ada yang mungkin lebih emosional hingga menangis sepanjang kehamilan mereka, sedangkan yang lain hanya menangis selama trimester pertama.

Menangis pada trimester pertama bukanlah hal yang aneh, mengingat saat inilah terjadi perubahan sekresi hormon. Tingkat estrogen dan progesteron yang lebih tinggi selama trimester pertama tampaknya bertanggung jawab atas beberapa perubahan suasana hati, yang ditandai dengan lekas marah dan sedih.

Plus, kehamilan adalah perubahan besar dalam hidup. Dan untuk alasan ini, dikombinasikan dengan hormon yang berubah dengan cepat, menangis selama trimester pertama mungkin disebabkan oleh apa pun, mulai dari kebahagiaan yang ekstrem hingga kecemasan atau ketakutan bahwa sesuatu akan terjadi pada bayi Bunda.

Banner Pasutri PekalonganBanner Pasutri Pekalongan/ Foto: HaiBunda/Mia

Mudah menangis di trimester kedua dan ketiga

Pergeseran hormon dapat berlanjut hingga trimester kedua dan ketiga, jadi tangisan juga dapat terjadi selama waktu ini, Bunda.

Tubuh Bunda berubah dengan cepat, yang juga dapat meningkatkan tingkat kecemasan. Akibatnya, beberapa wanita mungkin merasa lebih gelisah pada trimester kedua ini. Jika demikian, stres dan frustrasi sehari-hari yang normal juga bisa memicu tangisan.

Dan ketika Bunda mendekati akhir masa kehamilan, mungkin ada banyak hal di pikiran Bunda. Bunda harus menyelesaikan kamar bayi, menyiapkan keuangan Bunda, dan kenyataan persalinan dan melahirkan mungkin membuat Bunda sedikit panik.

Bunda akan memiliki tanggung jawab tambahan, baik ini anak pertama atau menambah keluarga Bunda. Ini bisa menjadi saat yang menegangkan, dan jika emosi memuncak, tangisan mungkin akan menyusul.

Jadi jangan heran jika Bunda hamil jadi lebih cengeng daripada sebelumnya ya, ini terbilang hal yang cukup biasa kok. Namun ada beberapa tips untuk menghadapi kondisi emosi yang terganggu selama hamil, Bunda.

Simak tipsnya di halaman berikut ya.

Simak juga video tentang efek suara bising pada ibu hamil di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



kehamilan
Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right
MENGATASI PERUBAHAN SUASANA HATI SAAT HAMIL
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Menanti kelahiran Si Kecil dengan arti nama bayi yang pas untuknya nanti hanya di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Ikuti perkembangan kehamilan Bunda setiap minggunya di Aplikasi HaiBunda yuk, Bun!