sign up SIGN UP search


parenting

Bunda, Ketahui 5 Arti Bunyi Tangisan Bayi dan Cara Menenangkannya

Meita Fajriana   |   Haibunda Sabtu, 13 Nov 2021 15:01 WIB
5 ARTI TANGISAN BAYI
Crying hungry newborn baby lying on the bed. Love baby. Newborn baby and mother. caption

3. "Eairh" - Ingin buang angin 

Jika bayi mengalami perut kembung atau sakit perut, mereka akan menggunakan refleks suara, '"Eairh," untuk menyampaikan informasi itu. Suara itu muncul ketika udara yang terperangkap dari sendawa tidak dapat dikeluarkan dan mengalir ke perut. Di sini otot-otot usus mengencang untuk memaksa gelembung udara keluar. 

Suara tangisan seperti ini juga bisa berarti bahwa buang air besar sedang berlangsung. Pada situasi ini, bayi biasanya mengangkat kaki mereka ke perut, melengkungkan punggung, hingga terlihat gelisah. 

4. "Heh" - Tidak nyaman

Biasanya bayi merasa tidak nyaman ketika merasa panas, dingin, atau basah. Bayi memiliki refleks suara, "Heh," ketika mereka mengalami stres, ketidaknyamanan, atau ketika mereka membutuhkan penggantian popok. Suara ini dipicu sebagai respons terhadap refleks kulit, seperti perasaan berkeringat atau gatal.


Ketika bayi merasa tidak nyaman, tangisannya biasanya ringan dan terputus-putus. Tangisan dapat meningkat volumenya jika Bunda mengabaikannya, jadi pastikan Bunda menenangkan bayi dan segera menentukan penyebab ketidaknyamanannya ya.

5. "Owh" – Mengantuk

Bayi memiliki refleks suara, "Owh," untuk memberi tahu Bunda bahwa mereka merasa lelah dan mengantuk. Suara tangisan ini kedengarannya mirip dengan menguap. Jika sudah waktunya tidur siang, bayi Bunda akan mulai menggosok matanya. Tangisan mereka mungkin mulai lambat dan rendah dan secara bertahap membangun nada dan intensitas. Jika bayi Bunda mengantuk, tangisannya bisa menyerupai tangisan lapar lho.  

(pri/pri)
HALAMAN :
ARTIKEL SELANJUTNYA
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!