sign up SIGN UP search


parenting

10 Contoh Alat Musik Idiophone, Yuk Ajak Si Kecil Mempelajarinya

Dewi Ratna Senin, 22 Nov 2021 16:06 WIB
Alat musik idiophone Ilustrasi alat musik idiophone/ Foto: Getty Images/iStockphoto/Garfieldbigberm

Tak hanya bermain musik, Si Kecil juga butuh tahu pengetahuan tentang jenis-jenis alat musik. Bunda bisa mengajarkannya lewat gambar atau video, serta alat peraga berupa replika dari alat musik tersebut. Termasuk juga, Bunda bisa ajak mereka mempelajari alat musik idiophone.

Alat musik ini menghasilkan suara yang bergetar, tapi bukan dengan senar atau membran. Alat musik ini membutuhkan bahan padat untuk membuat getaran agar menghasilkan suara. Umumnya, suara dihasilkan dengan cara memukul instrumen agar beresonansi.

Bahan untuk alat musik idiophone

Jika tidak dengan senar atau membran, bahan apa sih yang dipakai untuk  alat musik idiphone? Jawabannya adalah logam, batu, maupun kayu. Alat musik yang terbuat dari bahan-bahan tersebut kemudian dipukul bersama-sama untuk menghasilkan bunyi yang diinginkan.


Pada dasarnya alat musik idiophone bisa dibuat dari bahan apa saja, kecuali senar dan membaran atau drum. Artinya, instrumen apa pun yang menghasilkan suara utama melalui resonansi dari instrumen senar dan membran tidak masuk hitungan, karena mereka punya kategori sendiri.

Contoh alat musik idiophone

Ada banyak macam alat musik idiophone, dan tentunya berbeda-beda pula di berbagai negara. Di Indonesia sendiri juga beberapa contoh alat musik idiophone yang paling sering dijumpai, seperti berikut ini:

1. Simbal

Ada dua cara memainkan alat musik idiophone yang satu ini. Simbal bisa masuk dalam rangkaian peralatan dalam drum, yang cara memainkannya dengan dipukul stick. Selain itu, bisa juga dua simbal saling dipukulkan, seperti pada marching band.

2. Glockenspiel

Sering dijumpai juga dalam jajaran pemain marching band, glockenspiel juga termasuk salah satu contoh alat musik idiophone. Terdiri dari deretan logam yang sudah disesuaikan nadanya, cara memainkannya dipukul dengan dua stick berkepala bulat.

3. Angklung

Alat musik idiophone yang satu ini kadang juga ada dalam rangkaian marching band. Terbuat dari bambu, angklung menghasilkan bunyi dengan cara digoyangkan. Tiap angklung hanya memiliki satu nada saja, sehingga jika ingin membentuk sebuah lagu, maka harus ada banyak angklung.

Ilustrasi angklungIlustrasi alat musik idiophone, angklung/ Foto: Getty Images/iStockphoto/RossiAgung

4. Kolintang

Merupakan alat musik khas Minahasa, kolintang sering dipakai dalam acara pagelan budaya maupun upacara adat. Terbuat dari kayu yang disusun sedemikian rupa sehingga mengeluarkan bunyi sesuai tangga nada untuk setiap batangnya. Cara memainkannya dengan dipukul dengan alat yang kayu dengan kepala berbahan karet atau kain tebal.

5. Saron

Mirip dengan kolintang, tapi alat musik idiophone yang satu ini berbahan logam dan hanya memiliki tujuh batang. Biasanya alat musik saron ini bisa dijumpai dalam rangkaian alat musik gamelan. Cara memainkannya dengan dipukul alat khusus berbentuk seperti palu, yang terbuat dari kayu.

6. Kenong

Gamelan memang sumbernya alat musik idiophone. Kenong termasuk salah satu dari alat musik yang cara memainkannya juga dipukul dengan alat khusus. Terbuat dari logam, kenong adalah alat musik yang memiliki tonjolan di bagian atas tengah. Bentuknya paling gemuk di antara alat lainnya dalam gamelan.

7. Gender

Alat musik pukul ini punya 10 sampai 14 bilah logam kuningan yang digantungkan di atas resonator dari bambu atau seng. Cara memainkannya dipukul dengan stick kayu berkepala bundar, dan terkadang juga berlapin kain tebal.

8. Bonang

Mirip seperti kenong, hanya saja alat musik idiophone yang satu ini bentuknya lebih pipih dibanding kenong yang tinggi. Dalam gamelan, bonang merupakan penghasil nada untuk melodi. Dari segi fisik, bonang juga berpencu. Cara memainkannya dengan dipukul bagian pencunya, dengan alat yang disebut bindhi.

9. Kempul

Dari segi fisik, alat musik ini berbentuk mirip dengan bonang, tapi digantung menyamping, bukan diletakkan menghadap ke atas. Sesuai ukuran, kempul yang makin kecil akan menghasilkan suara yang makin tinggi. Cara memainkannya juga dipukul dengan alat pemukul khusus.

10. Gong

alat musik gongalat musik gong/ Foto: Getty Images/shork

Bentuk dan penyusunannya mirip dengan kempul, tapi gong merupakan alat musik idiophone paling besar dalam rangkaian gamelan. Dimainkan dengan cara dipukul alat khusus, gong menghasilkan nada yang lebih rendah, dan biasanya dipukul pada saat akhir lagu.

Nah, Bunda pasti tak asing kan dengan alat musik idiophone yang sudah disebut di atas? Bunda bisa berbagi cerita dengan Si Kecil, sekalian menunjukkan gambar atau videonya. Atau jika di daerah Bunda ada ruang kesenian yang punya rangkaian gamelan, bisa tuh ajak Si Kecil main ke sana.

[Gambas:Video Haibunda]



(som/som)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!