sign up SIGN UP search


parenting

4 Nama Alat Musik Tradisional Khas Jawa Barat, Unik & Hasilkan Suara yang Merdu

Tim HaiBunda Selasa, 27 Jul 2021 20:13 WIB
Bamboo flute on a dark background caption
Jakarta -

Jawa Barat tidak hanya terkenal sebagai tempat wisata yang indah. Tetapi juga dikenal dengan banyaknya budaya masyarakat yang guyub dan wajib untuk diketahui.

Salah satu kebudayaan yang dimiliki Jawa Barat adalah alat musik yang memiliki berbagai ragam keunikan dan suaran. Paduan ini membuat para penikmatnya menjadi santai untuk menikmatinya.

Di zaman Bunda sekolah dulu mungkin pernah diperkenalkan berbagai alat musik ini. Tidak ada salahnya kita flash back lagi memori itu dengan mengajarkannya kepada Si Kecil. Adakah yang Bunda ingat alat-alat musik ini?


Alat Musik Calung

Salah satu alat musik Jawa Barat yang menggunakan material bambu sebagai bahan pembuatnya adalah calung. Meskipun terbuat dari bambu, alat musik yang satu ini dimainkan dengan menggunakan alat pemukul khusus dan dipukulkan pada bagian ruas bambu.

Setiap pukulan yang terjadi akan menghasilkan nada yang berbeda. Merdu banget deh, Bun saat didengarkan.

Fakta Sarah SallehFakta Sarah Salleh/ Foto: Mia Kurnia Sari

Alat Musik Celempung

Jenis alat musik Jawa Barat lainnya yang akan dibahas kali ini yaitu celempung. Ini merupakan alat musik yang juga terbuat dari material bambu.

Lebih tepatnya alat musik satu ini terbuat dari bagian kulit bambu. Cara memainkannya yaitu dengan dipukul lalu memanfaatkan resonansi yang ada di tiap bambu agar dapat menghasilkan suara.

Alat Musik Suling

Jenis alat musik Jawa Barat satu ini mungkin menjadi salah satu yang paling cukup sering untuk ditemui dan digunakan. Bahkan juga sudah banyak yang memodifikasinya untuk menjadi alat musik yang lebih terlihat modern.

Suling sendiri terbuat dari bambu dan memiliki total sebanyak enam buah lubang pada bagian badannya. Cara memainkannya yaitu dengan meniup pada bagian atas dan memainkan keenam lubang tersebut. Tujuannya agar dapat menghasilkan suara yang sedap dan indah untuk didengarkan.

Alat Musik Karinding

Alat musik yang satu ini sudah pernah Bunda dengar? Karinding adalah alat musik tiup yang juga terbuat dari bambu yang biasa digunakan oleh laki-laki atau juga dari pelepah pohon aren yang biasa digunakan oleh perempuan.

Terdapat tiga buah ruas yang ada pada alat musik ini dan dapat ditiup dan sisi lainnya dapat dipukul. Cara ini akan menghasilkan suara alat musik yang khas dan merdu untuk dapat didengarkan. (PK)

[Gambas:Video Haibunda]



(ziz/ziz)
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!