sign up SIGN UP search


parenting

Dokter Tak Sarankan Pangku Anak di Mobil, Ini Manfaat Car Seat yang Perlu Diketahui

Asri Ediyati Jumat, 26 Nov 2021 14:05 WIB
Adorable sweet girl sleeping peacefully on safety seat in car ilustrasi car seat/ Foto: iStock
Jakarta -

Bunda, masuk tim pangku anak di mobil atau tim pakai car seat? Sebagian orang tua di Indonesia mungkin banyak menjawab tim pangku anak di mobil ya, Bunda. Mengenai hal ini dr.Bagus Pramantha Putra Wijaya, Sp.OT, menjelaskan bahwa faktanya menggunakan car seat sejak bayi hingga anak-anak itu penting.

Selain untuk keselamatan, penggunaan car seat bisa menurunkan risiko kecelakaan hingga 71 persen, lho. Bagus mengungkap, kecelakaan lalu lintas masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak pada anak usia 4-14 tahun. Ia kemudian menyarankan orang tua untuk menggunakan car seat sesuai dengan usia anak.

Ada tiga jenis car seat yang disesuaikan dengan usia. Tiga jenis itu adalah sebagai berikut:


1. Rear facing car seat

Rear facing car seat digunakan sejak lahir hingga usia 2-4 tahun, Bunda.

"Ini biasanya kita gunakan untuk bayi yang baru lahir, bahwa sebenarnya bayi yang baru keluar dari rumah sakit harus menggunakan car seat," ujarnya.

Bagus berpesan untuk menggunakan rear facing car seat, Bunda perlu pastikan pengaman terpasang dan posisi kepala anak tidak lebih tinggi daripada car seat.

2. Forward facing car seat

Selanjutnya, forward facing car seat, dapat digunakan jika rear facing car seat-nya sudah melebihi batasnya.

"Memang beberapa jurnal dan sumber menyebutkan bahwa rear facing car seat adalah yang terbaik untuk minor impact pada saat kecelakaan," tuturnya.

Forward facing car seat dapat digunakan hingga minimal anak berusia 5 tahun. Bagus mengingatkan, pastikan strap pada car seat jenis ini berada di atas bahu anak dan tidak memiliki celah dengan tubuh.

3. Booster seat

Booster seat sendiri digunakan ketika penggunaan forward facing car seat sudah tidak memungkinkan. Sehingga, anak dapat menggunakan seat belt pada umumnya, Bunda.

Cara memasang car seat yang tepat

Setelah membahas jenis, Bagus menjelaskan bahwa pemasangan car seat harus lah tepat posisi, Bunda. Jadi, car seat harus di baris kedua kendaraan dan dilarang keras untuk instalasi di jok depan.

"Sangat dilarang untuk instalasi di jok depan karena ketika ada impact atau kecelakaan, dan air bag sampai terpancar, maka dapat menyebabkan cedera serius hingga menyebabkan kematian."

"Di Amerika sendiri, itu sangat dilarang dan bahkan ada hukumannya jika kelalaian parents mendudukkan bayi di bagian depan."

Untuk instalasi car seat sendiri, car seat sebaiknya dipasang dalam posisi 30-45 derajat. Lalu, jangan lupa baca manual untuk mengetahui berapa banyak amount of overhang yang diperbolehkan untuk setiap car seat.

"Amount of overhang maksudnya berapa persen car seat yang boleh keluar jok, masing-masing produk ada keterangannya. Jangan lupa juga cek angle. Jangan lupa juga cek seat belt di dalam mobil, orang tua juga perlu memastikan apakah mobil compatible untuk instalasi car seat,"

Mengenai car seat, ada juga bagian penting yang perlu diketahui Bunda dan ini kebanyakan orang tua keliru ketika memakaikan anaknya car seat yaitu harness dan chest clip. Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga penggunaan car seat yang benar melalui video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



fase-anak
Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right
PERHATIKAN HARNESS & CHEST CLIP
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!