sign up SIGN UP search


parenting

Pasangan RI-Spanyol Terpaksa Pisah dengan Bayinya saat Pulang dari RS, Alasannya..

Asri Ediyati   |   Haibunda Kamis, 06 Jan 2022 07:50 WIB
Clara dan Bayu caption
Jakarta -

Usai bayi lahir, rasanya Bunda pasti ingin selalu di dekatnya dan memeluknya. Namun, para bunda di Eropa terpaksa harus 'berpisah' dengan bayinya ketika perjalanan pulang dari rumah sakit ke rumah. Kenapa?

Setiap negara memiliki aturan sendiri perihal keamanan dan keselamatan bayi baru lahir. Negara-negara di Eropa, termasuk Spanyol sangat menomorsatukan keselamatan bayi baru lahir, Bunda.

Jadi, jika orang tua ingin membawa pulang bayinya dari rumah sakit, bayi baru lahir mereka harus menggunakan kursi khusus untuk di dalam mobil atau car seat. Tak tanggung-tanggung, lho, orang tua pun harus belajar dahulu tentang car seat sebelum kelahiran anak.


Seperti pasangan Indonesia-Spanyol, Bayu dan Clara yang membagikan pengalaman ini ketika hendak menyambut kelahiran anak pertama mereka. Clara saat ini sedang hamil besar, namun ia dan Bayu tengah persiapkan dengan matang bagaimana nanti jika bayinya akan pulang ke rumah setelah dari rumah sakit. Mereka pun belajar menginstal car seat.

"Kenapa harus pakai carseat? Di Spanyol, sama seperti semua (negara) di Eropa, harus/wajib untuk keamanan anak bayi, jadi percaya enggak percaya teman-teman, sampai umur 12," ungkap Clara, dikutip dari video kanal YouTube-nya Setengah Bule, Rabu (5/1/2022).

Banner Blak-Blakan Mommy ASF Layangan Putus

"Jadi ini kursi khusus dari lahir, nol sampai umur satu. Nanti ada kursi lagi dari umur dua sampai umur empat. Sampai anaknya sudah besar, sudah enggak pakai kursi begini lagi. Pakai kursi khusus, yang ada seatbelt untuk anak-anak."

Untuk urusan harga, cukup mahal. Clara dan Bayu membeli satu paket dengan stroller. Clara membocorkan, kisaran harganya mulai dari Rp5 jutaan hingga Rp20 jutaan, Bunda.

Sebelum anak lahir, calon orang tua seperti Clara dan Bayu setidaknya harus mencobanya. Dibantu dengan keluarganya, Clara dan Bayu mempraktikkan cara membawa bayi dengan car seat serta memasang car seat di dalam mobil.

Bagaimana instalasinya? Baca kelanjutannya di halaman berikut.

Simak juga video cara menggunakan carseat yang benar:

[Gambas:Video Haibunda]



INSTALASI CAR SEAT HARUS LAH PAS
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!